Kabar Surabaya

Besok, Rencanayanya KPU RI akan Melantik 180 Komisioner KPU untuk 36 Kabupaten/Kota se-Jatim

Komisioner baru tersebut akan mengantikan Komisioner periode 2014-2019 yang akan purna tugas pada Rabu (12/6/019).

Besok, Rencanayanya KPU RI akan Melantik 180 Komisioner KPU untuk 36 Kabupaten/Kota se-Jatim
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Komisioner KPU Jatim Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Rochani. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI rencananya akan melantik komisioner KPU di 36 kabupaten/kota se-Jawa Timur, Kamis (13/6/2019). Berlangsung di Surabaya, acara ini akan dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman.

Komisioner KPU Jatim Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Rochani menjelaskan, pelantikan seharusnya dilakukan di Jakarta. "Namun karena jumlahnya besar dan masuk di dalam momentum arus balik lebaran, kami mengusulkan dilakukan di Surabaya," kata Rochani kepada Suryamalang.com, di Surabaya, Rabu (12/6/2019).

Jumlah komisioner yang akan dilantik oleh KPU RI, menurut Rochani, jumlahnya mencapai 180 orang untuk 36 kabupaten/kota dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. Komisioner baru tersebut akan mengantikan Komisioner periode 2014-2019 yang akan purna tugas pada Rabu (12/6/019).

"Sehingga, seluruh komisioner di Kabupaten/Kota se-Jatim akan dilantik di hari tersebut kecuali dua daerah. Yakni, Kabupaten Probolinggo dan Tulungagung yang sudah lebih dahulu purna jabatan Maret dan April lalu," ucap Rochani.

Rochani menambahkan, proses seleksi untuk para calon komisioner tersebut berjalan cukup ketat. Sebelumnya, KPU Jatim juga telah menggelar uji kelaikan dan kepatutan (fit and proper test) untuk calon komisioner selama tiga hari (Jumat-Sabtu, 31/5- 2/6/2019) di Surabaya lalu.

"Komisioner KPU Jatim bertindak sebagai penguji berdasarkan surat KPU RI tentang pendelegasian kewenangan," tandas Rochani.

Saat fit and proper test, tambah Rochani, masing-masing kabupaten/kota menyetorkan 10 nama yang akan diuji. 10 nama tersebut merupakan hasil seleksi dari tim seleksi (timsel) yang telah bekerja selama sebulan terakhir.

Teknis pengujian dalam fit and proper test berlangsung dengan sistem panel. Enam komisioner KPU Jatim akan dibagi dalam tiga panel.

Masing-masing panel akan menguji 12 kabupaten/kota. "Enam komisioner sebagai penguji. Sementara Ketua KPU Jatim (Choirul Anam) akan melakukan supervisi," katanya.

Adapun materi ujian meliputi pengetahuan kepemiluan, kapasitas, integritas, hingga independensi. "Pada prinsipnya, kami melihat kapasitas mereka sebagai penyelenggara pemilu," ujarnya.

Fit and proper tes menjadi rangkaian terakhir seleksi bagi para calon komisioner Kabupaten/Kota. "Dari hasil fit and proper test, kami serahkan ke KPU RI untuk dilakukan per-rangking-an," kata Rochani.

KPU RI pun telah mengumumkan para komisioner terpilih tertanggal 11 Juni 2019. "10 orang di tiap kabupaten/kota akan dirangking. Lima orang teratas akan dilantik sedangkan sisanya akan menjadi cadangan untuk PAW (pergantian antar waktu)," jelas Rochani.

Sebelumnya, para calon Komisioner juga telah mengikuti serangkaian seleksi. Mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, tes psikologi, tes kesehatan, hingga tes wawancara. (bob)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved