Malang Raya

Berkat Game Developer, Kota Malang Masuk Jadi Nominasi Kota Kreatif di Indonesia

Kota Malang masuk dalam 10 nominasi Kota Kreatif di Indonesia lantaran kontribusi dari Game Developer Malang (GDM).

Berkat Game Developer, Kota Malang Masuk Jadi Nominasi Kota Kreatif di Indonesia
Hayu Yudha Prabowo/suryamalang.com
Menganyam rotan sintensis pada kerangka besi dalam Pelatihan Calon Wirausaha Rotan Sintesis Kota Malang 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Kota Malang masuk dalam 10 nominasi Kota Kreatif di Indonesia. Masuknya Kota Malang dalam nominasi tersebut lantaran kontribusi dari Game Developer Malang (GDM).

GDM dinilai mewakili generasi milenial dan kekinian sehingga mendapat poin tersendiri. "Daerah lain kebanyakan bergerak pada sektor kuliner, kriya atau fashion. Kota Malang sangat spesifik dan kekinian, tentu ini jadi poin tersendiri," kata Loli Amalia, Tim PMK3I Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kamis (13/6/2019).

Menurut Loli, sebuah kota yang diberi predikat kreatif harus memenuhi beberapa kriteria diantaranya sektor ekonomi kreatifnya berjalan, aktifnya komunitas dan dukungan pemerintah daerah.

Dalam kasus ini, kata dia, GDM sebagai salah satu komunitas start up terbukti bisa mewadahi para sarjana yang tidak ingin kembali ke daerah asalnya untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

"Karena bicara game itu tidak hanya bicara IT tapi juga ada pelibatan aspek psikologi, aspek manajemen, aspek seni serta yang lainnya. Sehingga ke depan sektor ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game di kota Malang mampu menjadi rujukan ideal," ujar dia.

Sementara Wali Kota Malang, Sutiaji berjanji terus membangun sektor ekonomi kreatif di kota bunga itu. Salah satu yang mendapat perhatian Pemkot Malang adalah berkembangnya dunia game dan aplikasi.

"Saya juga berkeyakinan, tumbuhnya komunitas dan pelaku game developers di kota Malang akan menjadi salah satu solusi untuk menekan angka pengangguran terbuka," katanya.

Kota Malang menjadi nominasi setelah lolos dalam seleksi uji petik yang diikuti oleh 55 kabupaten/kota yang telah tergabung sebagai kota/kabupaten kreatif.

Penilaian Kota Kreatif Indonesia akan dilaksanakan pada 18 Juni 2019 melalui paparan oleh Kepala Daerah dihadapan tim juri di Jakarta. Empat daerah dengan nilai terbaik akan menjadi role model kabupaten/kota kreatif Indonesia.

Selain Kota Malang, kota/kabupaten lain yang masuk nominasi adalah Kota Palembang, Kabupaten Majalengka, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kota Surakarta, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kabupaten Gianyar dan Kota Denpasar.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved