Kabar Surabaya

Hasil Riset, Pebisnis Ritel Penuhi Ekspektasi Pembeli Selama Lonjakan Belanja di Bulan Ramadan

Selama bulan suci Ramadan, gaya dan pola hidup seperempat penduduk dunia berubah seiring berkumpul bersama keluarga untuk menjalani ibadah Puasa.

Hasil Riset, Pebisnis Ritel Penuhi Ekspektasi Pembeli Selama Lonjakan Belanja di Bulan Ramadan
Ist
Country Manager Zebra Technologies-Indonesia, Ben Marvin Tan 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Selama bulan suci Ramadan, gaya dan pola hidup sekitar seperempat penduduk dunia berubah seiring berkumpul bersama keluarga untuk menjalani ibadah Puasa.

"Pola ini termasuk kebiasaan berbelanja, baik berbelanja langsung di toko maupun online untuk membeli bahan makanan, pakaian, hadiah, atau tiket bepergian," kata Country Manager Zebra Technologies-Indonesia, Ben Marvin Tan, dalam rilis yang diterima Kamis (13/6/2019).

Bulan Ramadan merupakan periode perdagangan penting setiap tahunnya bagi sebagian besar pebisnis ritel di Indonesia, namun juga menantang karena tingginya tingkat aktivitas berbelanja.

Riset yang dilakukan Criteo mengungkapkan, kinerja penjualan online yang kuat di Indonesia cenderung mengalami lonjakan menjelang dan selama Ramadan tahun lalu, tepatnya pada 15 Mei-14 Juni 2018.

Bahkan, penjualannya meningkat sebesar 105 persen selama berada di puncak penjualan pada 5 Juni 2018. Biasanya, penjualan cenderung meningkat 10 hari menjelang Ramadhan dan bertahan hingga dua minggu sebelum Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan Ramadan.

Sementara aktivitas belanja di wilayah Timur Tengah dimulai pada awal Ramadan, dan mulai melambat mendekati Idul Fitri, karena mereka fokus pada perayaan hari raya tersebut. Penjualan ritel online melonjak lebih awal, dengan kenaikan mencapai 106 persen pada pekan kedua Ramadan tahun lalu.

Serupa dengan Indonesia, perilaku belanja warga Turki selama Ramadan, dengan penjualan ritel online mencapai puncaknya, yakni naik hingga 51 persen pada minggu-minggu menjelang hari raya Idul Fitri, dan meningkat menjadi 63 persen dalam jumlah pemesanan setelah bulan suci Ramadhan.

Semua peningkatan aktivitas ritel ini memberikan peluang bagi para pengecer untuk secara luas mempromosikan pendekatan omnichannel guna mengoptimalkan penjualan dan menggunakan banyak pilihan demi kemudahan pembayaran (pengiriman dengan pembayaran tunai mendominasi di negara-negara di Timur Tengah), termasuk opsi yang sangat penting untuk membeli dan membayar dengan menggunakan smartphone di segala transaksi.

Lonjakan ritel ini semakin menekankan perlunya pengalaman berbelanja yang dipersonalisasi guna memenuhi pertumbuhan ekspektasi pembeli, baik di toko maupun online, sementara mitra rantai pasokan dan pegawai lini depan juga harus mengelola peningkatan permintaan ini.

"Ekonomi on-demand menciptakan ekspektasi pembelanja yang lebih tinggi lagi sehingga semakin menambah tuntutan terhadap para pengusaha ritel selama periode ini," tambah Ben.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved