Kabar Blitar

Lelang Molor, Dewan Usulkan Pembangunan Pasar Legi Kota Blitar Secara Multiyears

Pelaksanaan pembangunan Pasar Legi, Kota Blitar, dipastikan molor dari target awal selesai dalam setahun pada 2019 ini.

Lelang Molor, Dewan Usulkan Pembangunan Pasar Legi Kota Blitar Secara Multiyears
suryamalang.com/Samsul Hadi
Sebagian pedagang nekat berjualan di depan kios di Pasar Legi Kota Blitar yang sudah mulai dikosongkan. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pelaksanaan pembangunan Pasar Legi, Kota Blitar, dipastikan molor dari target awal selesai dalam setahun pada 2019 ini. Pasalnya, proses lelang pekerjaan pembangunan pasar belum selesai hingga Juni 2019 ini.

Untuk itu, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Blitar mengusulkan agar pelaksanaan pembangunan pasar menggunakan sistem tahun jamak atau multiyears. Banggar akan membahas ulang skema penganggaran pembangunan pasar dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2019.

"Banggar mengusulkan agar skema anggaran pembangunan pasar menggunakan sistem tahun jamak (multiyears). Kalau melihat kondisi saat ini, waktu enam bulan tidak cukup untuk menyelesaikan pembangunan dengan anggaran besar," kata Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto, Jumat (14/6/2019).

Totok mengatakan, misalkan proses lelang selesai awal Juli 2019, otomatis waktu untuk proses pembangunan pasar hanya tersisa enam bulan. Dalam jangka waktu yang relatif pendek itu sulit untuk menyerap anggaran pembangunan pasar yang mencapai Rp 50 miliar.

"Relatif mundur dari target. Awalnya ditargetkan lelang selesai Januari-Februari, tapi sampai Juni belum selesai. Rekanan juga banyak yang tidak berani mengerjakan proyek dengan anggaran besar dan waktunya mepet," ujarnya.

Dikatakannya, dengan perubahan skema penganggaran pembangunan pasar menggunakan sistem tahun jamak berarti tidak terpaku harus selesai Desember 2019 ini. Pembangunan pasar ditargetkan selesai pada April 2020. "Nanti waktu pembahasan PAK akan dilakukan persetujuan bersama pembangunan pasar dengan sistem tahun jamak," katanya.

Plt Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, pembangunan fisik Pasar Legi tetap ditargetkan dapat dilaksanakan tahun ini. Saat ini, Pemkot Blitar masih menunggu hasil lelang pekerjaan pembangunan pasar. Kalau waktu pekerjaan mepet, Pemkot Blitar akan membahas sistem penganggaran pembangunan pasar dengan dewan.

"Nanti akan dibahas lagi dengan dewan saat PAK. Tapi targetnya pembangunan fisik tetap bisa dikerjakan mulai tahun ini. Anggarannya sudah siap," katanya.

Seperti diketahui, Pemkot Blitar mulai mengosongkan kios pedagang Pasar Legi yang terdampak pembangunan. Pemkot Blitar juga mulai memasang pagar keliling di lokasi pasar yang akan dibangun.

Para pedagang sudah tidak menempati kiosnya. Pagar keliling juga sudah terlihat terpasang di lokasi. Pagarnya masih berupa bambu belum dikasih penutup seng.

Sebagian pedagang menggelar barang dagangannya di luar pagar. Mereka berjualan di pinggir jalan. Padahal, Pemkot Blitar juga sudah menyediakan tempat relokasi di sekitar Pasar Legi. Tetapi, belum semua pedagang menempati tempat relokasi. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved