Kabar Kediri

Tarmize asal Thailand Singgah di Kediri, Bersepeda Menjelajah Nusantara

Penjelajah Nusantara dengan mengayuh sepeda dilakukan Tarmize warga negara Thailand.

Tarmize asal Thailand Singgah di Kediri, Bersepeda Menjelajah Nusantara
didik mashudi
Tarmize warga negara Thailand yang menjelajah Nusantara dengan mengayuh sepeda singgah di Kediri, Jumat (14/6/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Penjelajah Nusantara dengan mengayuh sepeda dilakukan Tarmize warga negara Thailand. Dengan mengendarai sepeda Tarmize telah menjelajah pelosok daerah di Nusantara. 

Kali ini Tarmize singgah sejenak di rumah Ny Kesi di Desa Pule Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri untuk sekedar beristirahat, Jumat (14/6/2019).

Upaya petualangan bersepeda Tarmize telah dilakukan sejak sekitar dua tahun terakhir dengan mengelilingi sejumlah daerah di Indonesia.

Di antaranya, singgah di sejumlah kota di Pulau Kalimantan, Papua, Pulau Flores di NTT, Pulau Lombok dan Sumbawa di NTB dan Pulau Bali.

Kemudian Tarmize menyeberang ke Pulau Jawa dari Kabupaten Banyuwangi, Probolinggo, Surabaya, Mojokerto, Jombang, Malang, Blitar, Gresik dan singgah di Kediri.

Tarmize dengan bahasa Indonesia yang patah-patah menuturkan sangat terkesan dengan keindahan panorama alam di daerah yang pernah dikunjunginya.

Selain itu kondisi sosial masyarakat yang ditemui juga sangat ramah sehingga dapat berinteraksi dengan baik. Sehingga meski tidak terlalu fasih berbahasa Indonesia, namun Tarmize tetap mampu berkomunikasi dengan bahasa isyarat.

"Di Papua bagus sekali panorama alamnya. Juga di NTT dan Gunung Bromo wow beautiful. Indonesia goood," ungkapnya.

Selama penjelajahannya di Indonesia Tarmize telah mengganti beberapa kali ban luar dan ban dalam sepedanya. Ban luar sudah 8 kali ganti dan ban dalam telah 5 kali diganti.

Dari Kediri rencananya Tarmize bakal melanjutkan perjalanan petualangannya ke arah barat seperti Kabupatan Nganjuk, Madiun, Solo, Jogjakarta hingga Kota Jakarta.

Selanjutnya Tarmize dari Pulau Jawa bakal melanjutkan perjalanan ke arah Pulau Sumatra hingga rencana finish di Kota Banda Aceh Nagroe Aceh Darussalam (NAD). "Dari Aceh kami akan kembali ke Thailand," ungkapnya.

Selama perjalanannya Tarmize juga membawa perbekalan pakaian dan minuman serta perangkat keselamatan. Selama mengayuh sepeda juga mengenakan helm keselamatan berikut lampu kerdip yang disiapka di belakang sepeda.

Di bagian belakang juga tertulis "Menjelajah Nusantara Indonesia". Ada juga tulisan nama-nama kota yang menjadi tujuan dari rangkaian tour penjelajahannya.

Sementara Ny Kesi yang rumahnya disinggahi Tarmize mengaku senang kedatangan tamu penjelajah sepeda Nusantara asal Thailand. "Luar biasa semangatnya Pak Tarmize selama menjelajah daerah di Indonesia," ungkapnya

Penulis: Didik Mashudi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved