Tips Kesehatan

Dokter Sahar Bawazeer: Keluarnya Cairan pada Puting Payudara Tidak Selalu Tanda Kanker

Beberapa kelainan pada payudara dapat merujuk pada keganasan atau kanker, di antaranya adalah keluar cairan melalui puting payudara

Dokter Sahar Bawazeer: Keluarnya Cairan pada Puting Payudara Tidak Selalu Tanda Kanker
Habibur Rohman
dr Sahar Bawazeer SpB, dokter bedah umum yang concern terhadap penyakit payudara sekaligus president director MedicElle Clinic Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang sering menyerang wanita.

Beberapa kelainan pada payudara dapat merujuk pada keganasan atau kanker, di antaranya adalah keluar cairan melalui puting payudara

Namun, dr Sahar Bawazeer SpB, dokter bedah umum yang concern terhadap penyakit payudara sekaligus president director MedicElle Clinic Surabaya, menuturkan, tak semua cairan yang keluar dari payudara merupakan tanda dari keganasan.

"Ada kondisi yang disebut nipple discharge atau cairan pada puting payudara. Kondisi ini normal pada kondisi wanita yang sedang hamil dan menyusui," tutur Sahar.

Delapan puluh persen, lanjutnya, kondisi ini dikategorikan jinak atau tidak merujuk pada keganasan.

Kisah Nenek Maia Estianty Jadi Janda Soekarno yang Tak Pernah Disentuh, Siti Oetari Masih Perawan

"Biasanya kalau tahu keluar cairan seperti ini, masyarakat sudah stres dan takut terlebih dahulu. Kalau sudah stres, aktivitas pasti akan terganggu. Padahal delapan puluh persen kan jinak," tutur Sahar.

Nipple discharge ini terjadi karena faktor hormonal. Namun perlu dicurigai dan diperiksa jika pada beberapa kondisi tertentu, yaitu:

1. Terjadi di Luar Kehamilan dan Laktasi

"Yang pertama adalah terjadi di luar kehamilan dan laktasi. Hampir semua wanita yang hamil dan menyusui, memang mengalami hal ini karena merupakan persiapan untuk menyusui anak," tutur Sahar.

Jika di luar kehamilan atau laktasi, lanjutnya, memang harus diperiksa. Namun, untuk menuju ke keganasan masih sepersekian persen.

Update Kronologi Suami Gadai Istri di Lumajang, Istri Jadi Juragan Tambak Palsu, Ada Cinta Segitiga

Halaman
12
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved