Kabar Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ke Prancis, Banggakan Suroboyo Bus jadi Solusi Limbah Plastik

Sistem pembayaran Suroboyo Bus yang memakai sampah botol plastik, disebut Risma telah sukses kurangi limbah plastik di Surabaya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ke Prancis, Banggakan Suroboyo Bus jadi Solusi Limbah Plastik
ist
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, saat menjadi pembicara dalam World Materials Forum (WMF), Prancis, Jumat (15/6/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, membanggakan Suroboyo Bus sebagai solusi limbah plastik di Surabaya.

Sistem pembayaran Suroboyo Bus yang memakai sampah botol plastik, disebut Risma telah sukses kurangi limbah plastik di Surabaya.

“Hasil botol plastik dari Suroboyo Bus sebanyak 39 ton, pernah dilelang dan alhamdulillah terjual seharga Rp 150 juta, dan uangnya itu kembali ke pemerntah kota,” ucap Risma saat jadi pembicara dalam forum internasional, World Materials Forum (WMF), di Prancis, Jumat (15/6/2019).

Bus kebanggaan Kota Surabaya ini, saat ini telah berjumlah sebanyak 20 unit dengan sistem pembayaran yang sama yakni memakai sampah botol plastik.

Wali Kota yang menjabat dua periode ini melanjutkan, selain sebagai transportasi massal, Suroboyo Bus masuk deretan program Pemkot Surabaya untuk menyelesaikan permasalahan sampah dan daur ulang plastik di kota pahlawan ini.

Deretan program tersebut menurut Risma telah sukses membuat Kota Surabaya menurunkan volume sampah yang masuk ke TPA, meskipun jumlah penduduk meningkat.

Selain itu, ada penurunan tingkat penyakit, suhu lebih rendah 2 derajat celcius, pengurangan yang signifikan dari banjir, kampung-kampung lebih bersih, ruang hijau yang lebih luas dan nyaman bagi masyarakat untuk melakukan banyak kegiatan sosial terutama di taman kota, sungai yang lebih bersih dan pengelolaan tepi sungai yang lebih baik.

“Di tingkat lokal, kami percaya bahwa kemitraan yang kuat antara pemerintah, warga, dan pemangku kepentingan lainnya termasuk perusahaan swasta, akan membuat semua solusi bekerja lebih baik dan lebih cepat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, diundang sebagai pembicara dalam forum internasional, World Materials Forum (WMF), di Prancis, Jumat (15/6/2019).

Risma yang dinilai sukses mengelola permasalahan sampah dan daur ulang plastik di Surabaya didaulat menjadi pembicara. Yusron Naufal Putra

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved