Kota Batu

PPDB SMPN di Kota Batu, Orang Tua Ikut Antrean Sejak Pagi Ambil Formulir

Didampingi orang tua dan keluarga masing-masing, mereka mengantre untuk mendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat SMP Negeri.

PPDB SMPN di Kota Batu, Orang Tua Ikut Antrean Sejak Pagi Ambil Formulir
suryamalang.com/Sany Eka Putri
Kepala SMPN 1 Batu, Tatik Ismiati saat memantau entri data PPDB Zonasi di SMPN 1 Batu, Senin (17/6). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Sejak pagi, SMPN di Kota Batu terlihat dipadati oleh calon siswa yang hendak mendaftar sekolah, Senin (17/6). Didampingi orang tua dan keluarga masing-masing, mereka mengantre untuk mendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat SMP Negeri di Kota Batu.

Salah satu orang tua anak, Mufaidah mengatakan, dirinya sudah ikut mengantre sejak pukul 06.00 WIB di SMPN 1 Batu.

Ia mengatakan, alur pertama yaitu harus mengambil formulir untuk nomor antrean. "Ambil nomor antrean dulu, lalu ke loket pendaftaran. Dan calon siswanya harus ikut datang ke sekolah," kata Mufidah yang berdomisili sesuai KK di Kelurahan Sisir.

Baru setelah itu diverifikasi oleh panitia dan dilihat persyaratannya. Persyaratan utama dalam PPDB jalur zonasi ini adalah Kartu Keluarga (KK). Persyaratan lainnya adalah rapor calon siswa. Sampai saat ini, di SMPN 1 Batu masih penuh siswa yang mendaftar.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN Kota Batu, Tarik Ismiati mengatakan, alur terakhir adalah saat entry data. "Kami ada 10 petugas, yang memasukkan data. Nah saat memasukkan data ini didampingi orangtua dan juga calon siswa," kata Tatik yang juga Kepala SMPN 1 Batu.

Ia menjelaskan, alur ini merupakan yang paling penting. Karena yang menentukan berapa jarak rumah dengan sekolah. Dari pantauan Suryamalang.com, di ruang entry data yang paling lama adalah memasukkan alamat di Google Maps.

Baru setelah itu bisa diketahui berapa jarak antara tempat tinggal dengan sekolah. Setelah itu orang tua akan diberi dua pilihan untuk memilih sekolah yang akan didaftarkan. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved