Kota Batu

Tidak Ada KK, Siswa Peserta PPDB SMP Negeri Di Kota Batu Bisa Pakai Surat Keterangan Domisili

para siswa pendaftar jika tidak memiliki Kartu Keluarga (KK), bisa menggunakan Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan oleh kelurahan/desa.

Tidak Ada KK, Siswa Peserta PPDB SMP Negeri Di Kota Batu Bisa Pakai Surat Keterangan Domisili
suryamalang.com/Sany Eka Putri
Orang tua siswa dan calon siswa saat mengisi formulir PPDB di SMPN 1, Senin (17/5). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat SMP Negeri di Kota Batu dipastikan tidak ada kesulitan bagi siswa yang akan mendaftar. Ini setelah para siswa pendaftar jika tidak memiliki Kartu Keluarga (KK), mereka bisa menggunakan Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan oleh kelurahan dan desanya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Batu, Tatik Ismiati mengatakan, saat pendaftaran ada beberapa kasus seperti calon siswa yang sudah lama tinggal di Kota Batu tetapi masih belum memperbaiki di KK. "Siswa bisa menunjukkan surat keterangan domisili dari kelurahan ataupun desa. Karena yang mengetahui warganya adalah dari lurah dan kepala desa," kata Tatik, Senin (17/6).

Jika KK ada jangka waktunya, yaitu sebelum Mei 2019, surat keterangan domisili tidak perlu. Dikatakannya, banyak orang tua yang belum mengurus KK, kalaupun diurus pasti membutuhkan waktu yang lama untuk penerbitan. Oleh karena itu surat keterangan domisili ini sebagai pengganti KK.

Seperti yang diketahui PPDB ada tiga jalur, yaitu jalur prestasi, jalur perpindahan orang tua, dan jalur zonasi. Yang mengikuti jalur zonasi dengan sistem online ini hanya diikuti lima sekolah saja, yaitu SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, dan SMPN 6. Sekolah lainnya offline dan tidak ikut jalur zonasi. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved