Kabar Surabaya

Khofifah Gubernur Jatim Bertekad Koneksikan Wilayah Gerbang Kertosusila dengan MRT atau LRT

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bertekad ingin meningkatkan konektivitas antar daerah di Jatim dengan transportasi massal berbasis rel.

Khofifah Gubernur Jatim Bertekad Koneksikan Wilayah Gerbang Kertosusila dengan MRT atau LRT
surymalang.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bertekad ingin meningkatkan konektivitas antar daerah di Jawa Timur dengan transportasi massal berbasis rel. Khususnya untuk mengkoneksikan wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan atau yang bisa disingkat Gerbang Kertosusila.

Khofifah ingin agar antar daerah tersebut bisa terkoneksi dengan transportasi massal berupa kereta baik MRT atau LRT. Pemprov Jawa Timur, dikatakan Khofifah, sudah berkomunikasi dengan sejumlah negera untuk penjajakan kerjasama guna pembangunan sarana transportasi massal berbasis rel tersebut.

"Rasanya banyak ASN Pemprov yang tempat tinggalnya di Sidoarjo. Saya ingin kalau daerah di kawasan Gerbang Kertosusila bisa terkoneksi dengan angkutan massal maka akan memberikan kenyamanan bagi mereka yang bekerja jauh dari rumah," kata Khofifah, Senin (17/6/2019).

Tidak hanya itu, pihaknya juga sempat menyebut Pemprov Jawa Timur sedang menunggu Perpres agar beberapa proyek strategis di wilayah Jawa Timur masuk dalam proyek strategis nasional.

Dalam kesempatan bertemu dengan Dubes Inggris Moazzam Malik pekan lalu, Khofifah juga turut mendiskusikan rencana pembangunan MRT atau LRT di Jawa Timur. Ia menyampaikan kebutuhan mendesak transportasi massal di Jawa Timur.

"Hari ini Inggris sudah membangun komunikasi dan sudah berinvestasi untuk MRT dan LRT terutama untuk DKI dan Jabar. Kami berharap kaitan dengan penguatan transportasi publik, LRT dan MRT yang dikembangkan di DKI dan Jawa Barat bisa diperluas di Jawa Timur, terutama untuk penguatan koneksitas wilayah Gerbang Kertosusila," kata Khofifah.

Di Jakarta saat ini sudah memiliki ring tiga, dan bahkan akan ditambah satu ring lagi. Maka Khofifah menegaskan, dengan tingginya mobilitas masyarakat, ekonomi, barang dan jasa di wilayah Gerbang Kertosusila, maka ia menyebut kalau penyediaan angkutan massal dalam bentuk LRT atau MRT menjadi kebutuhan yang urgent.

"Makanya, saat ini Pemprov Jawa Timur tengah menjajaki untuk membangun sarana transportasi massal berbasis rel yang menghubungkan Gerbang Kertosusila. Beberapa negara sudah menyatakan kesiapannya menjadi investor. Mudah-mudahan impian besar ini bisa terlaksana sehingga arus transportasi masyarakat, barang dan jasa di Jawa Timur semakin lancar," tuturnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved