Malang Raya

Desa Pujon Kidul Menuju Lomba Tingkat Nasional

Desa Pujon Kidul mendapat penilaian dari tim Penilaian Lapang Perlombaan Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur 2019.

Desa Pujon Kidul Menuju Lomba Tingkat Nasional
SURYAMALANG.COM/M Erwin
Penilaian di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Rabu (19/6/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang mendapat penilaian dari tim Penilaian Lapang Perlombaan Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019, Rabu (19/6/2019).

Plt. Bupati Malang, Sanusi menerangkan pembangunan desa dan masyarakat perdesaan perlu didorong berapa percepatan.

Diantaranya, peningkatan koordinasi, peningkatan pembangunan sektoral, pembangunan sumber daya manusia, pemanfaatan sumber daya alam dan tumbuhnya motivasi swadaya masyarakat.

Menurut Sanusi, jika itu dilakukan maka akan mempercepat peningkatan pengembangan desa swadaya menuju ke tingkat desa swasembada.

“Desa Pujon Kidul ini memiliki percepatan pembangunan desa yang sangat baik, salah satu fokusnya melalui pengembangan di bidang pariwisata,” ujar politisi PKB itu.

Sanusi bangga karena pada pelaksanaan lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Malang, Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon sebagai Juara 1 dan berhak mewakili Kabupaten Malang pada kompetisi di berikutnya.

“Apabila Tim Penilai memberikan penilaian positif kepada Desa Pujon Kidul pada pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur 2019, maka dapat berlomba di tingkat nasional,” terang Sanusi.

Di sisi lain, Ketua Tim Penilai Lomba sekaligus Kepala Bidang Pemerintahan Desa, DPMD Provinsi Jawa Timur, Heru Suseno menjelaskan, timnya akan bertugas secara terbagi untuk menilai pada bidang-bidang yang akan dinilai terkait Perlombaan Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

“Pujon Kidul nanti bersaing dengan desa dan kelurahan se Pulau Jawa dan Pulau Bali.”

“Sehingga, jika Pujon Kidul meraih juara pertama tingkat Jatim tentunya akan bersaing dengan desa seperti yang ada Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Bali,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Suwadji menerangkan ada beberapa poin penilaian yang harus dijalani oleh Desa Pujon Kidul.

Penilaian meliputi di Dusun Krajan sebagai pusat pelayanan masyarakat dengan keberadaan Kantor Desa dan BPD. Kemudian di Dusun Tulungrejo dengan kampung budaya dan adat, dan di Dusun Maron memiliki kawasan pangan lestari dan wisata konservasi.

“Salah satu parameternya Bumdes. Jika penilaian bagus, akan mendapatkan reward uang pembinaan maupun program yang lain dari pemerintah provinsi (Jawa Timur),” ujarnya.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved