Kabar Lamongan

Awal Musim Kemarau, Sebagian Wilayah Lamongan Mulai Terjadi Krisis Air Bersih

Krisis air bersih mulai dirasakan warga Lamongan Jawa Timur diawal musim kemarau. Ini setelah sebagian wilayah di Lamongan mulai kekurangan air bersih

Awal Musim Kemarau, Sebagian Wilayah Lamongan Mulai Terjadi Krisis Air Bersih
suryamalang.com/Hanif Manshuri
BPBD Kabupaten Lamongan mulai mendroping air ke sejumlah desa yang kini sudah mengalami krisis air bersih. 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN- Krisis air bersih mulai dirasakan warga Lamongan Jawa Timur diawal musim kemarau. Ini setelah sebagian wilayah di Lamongan mulai merasakan dampak kekurangan air bersih.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan menyebutkan, setidaknya ada tiga desa di dua kecamatan yang mulai kekurangan air bersih karena kemarau.

Tiga desa itu diantaranya Dusun Awar-awar Desa Bulumargi dan Dusun Jetis Sambangrejo Desa Sambangan di Kecamatan Babat serta dusun pulo dan dusun pulorejo Desa Sumberagung Kecamatan Modo.

"Kita sudah droping air di wilayah yang kekurangan air bersih itu. Dan hari ini di Bulumargi, sebelumnya di Desa Sambangan dan Sumberagung sudah di droping air bersih," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lamongan, Jannata, Rabu (19/6/2019).

Wilayah yang mengalami krisis air bersih di Lamongan masih berpotensi meluas. Karena musim kemarau masih waktu panjang. "Ini baru awal masuk musim kemarau," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih agar melaporkan ke BPBD Lamongan. Sesuai SOP yang berlaku di BPBD Lamongan kalau usulan itu melalui surat dari desa kepada camat, kemudian camat melaporkan ke BPBD. "Selanjutnya kita cek kondisi di lapangan dan selanjutnya droping air," ujar Jannata.

Jannata menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih BPBD Lamongan menyiapkan empat unit armada. "Dua armada tanki berkapasitas 6000 liter dan dua armada berkapasitas 5000 liter," ucap Jannata.

BPBD memasok air dengan gratis tanpa ada biaya apapun. Pihaknya berharap, masyarakat mau aktif melapor ke desa jika mengalami krisis air bersih. Jangan sampai ada daerah atau masyarakat yang mengalami krisi air bersih dan tak lepas dari perhatian.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved