Kabar Jember

Gencarkan Promosi Pariwisata, Pemkab Jember Gelar Lomba Video Kreatif Wisata

Lomba video kreatif tersebut juga untuk memancing minat anak muda yang memiliki hobi dan kemampuan terkait pembuatan video.

Gencarkan Promosi Pariwisata, Pemkab Jember Gelar Lomba Video Kreatif Wisata
suryamalang.com/Sri Wahyunik
Kepala dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Jember, Anas Ma'ruf. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggelar lomba video kreatif. Lomba video kreatif tersebut untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Jember.

Lomba tersebut menjadi salah satu rangkaian acara untuk menyemarakkan Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019 yang akan digelar, Minggu (23/6/2019).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember, Anas Ma'ruf mengatakan, lomba video kreatif atau Vlog ini untuk memancing partisipasi masyarakat. "Agar lebih cinta dan memajukan pariwisata Kabupaten Jember," kata Anas, Rabu (19/6/2019).

Lomba video kreatif tersebut, lanjut Anas, juga untuk memancing minat anak muda yang memiliki hobi dan kemampuan terkait pembuatan video.

Anas menuturkan, lomba tersebut terbagi dalam dua kategori, yakni kategori pelajar tingkat SMP dan SMA, serta kategori umum mulai dari mahasiswa, karang taruna dan masyarakat umum.

Mereka yang mau ikut lomba bisa tergabung dalam kelompok atau perorangan. Anas hanya menegaskan video yang dibuat selain mengangkat pariwisata Jember juga mengangkat unsur kearifan lokal Jember.

Kearifal lokal tersebut, imbuh Anas, tidak terbatas pada acara Waton Parade 2019 namun juga tradisi, budaya, maupun potensi wisata di seluruh Jember. Kearifan lokal itu juga bisa mengangkat potensi yang ada di desa masing-masing yang itu bisa mendorong tumbuhnya sektor pariwisata. Kearifan lokal di desa masing-masing bisa berupa destinasi wisata, kesenian dan kebudayaan tradisi, juga kuliner.

Melalui lomba tersebut, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember berharap lebih banyak masyarakat mengetahui potensi wisata dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Jember. "Bisa jadi selama ini ada yang belum tahu tentang potensi tersebut," tegas Anas.

Peserta hanya boleh mengirimkan satu karya saja. Vlog yang dilombakan juga harus benar-benar karya sendiri. Durasinya maksimal 5 menit.

Video kreatif yang telah dibuat peserta itu diunggah di akun youtube masing-masing peserta. Kemudian link-nya dimasukkan di formulir pendaftaran yang tersedia di www.jemberculture.com.

Batas akhir pendaftaran 20 Juni. Hadiah yang disediakan total Rp 15 juta ditambah ponsel android, trofi, dan sertifikat untuk enam pemenang. Pengumuman pemenang dilakukan pada saat pagelaran waton Parade 2019 di Watu Ulo Kecamatan Ambulu, Minggu (23/6/2019).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved