Kabar Jember

Jaksa Geledah Area Kantor Bupati Jember, Bidik Penyimpangan Proyek Revitalisasi Pasar

Proyek revitalisasi pasar di Kabupaten Jember rupanya disidik oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember.

Jaksa Geledah Area Kantor Bupati Jember, Bidik Penyimpangan Proyek Revitalisasi Pasar
sri wahyunik
Tim jaksa menggeledah sejumlah kantor lembaga Pemkab Jember. Mulai dari kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember di Jl Kalimantan, serta ruang Unit Layanan Pengadaan (ULP) barang dan jasa Bagian Pembangunan di lingkungan Kantor Bupati Jember di Jl Sudarman, 20 Juni 2019. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Proyek revitalisasi pasar di Kabupaten Jember rupanya disidik oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember.

Bahkan Kamis (20/6/2019), tim dari Satuan Tugas Khusus Pemberantasan Khusus Kejari Jember menggeledah sejumlah tempat di Jember. Penggeledahan itu untuk mencari dokumen dan menyitanya.

Kantor milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember yang digeledah adalah Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jember di Jl Kalimantan, serta ruang Unit Layanan Pengadaan (ULP) barang dan jasa Bagian Pembangunan di area Kantor Bupati Pemkab Jember di Jl Sudarman.

Selain itu, jaksa juga menggeledah tempat rekanan revitalisasi pasar tersebut. Penggeledahan dilakukan hampir dalam waktu bersamaan. Tim terbagi dalam tiga kelompok. Masing-masing menggeledah Kantor Disperindag, ULP, juga tempat rekanan.

"Ada juga tempat pemborong yang kami periksa," ujar Kepala Kejari Jember Ponco Hartanto. Namun dia tidak menyebutkan tempat rekanan revitalisasi pasar yang diperiksanya.

Dia membenarkan jika kantor pemerintah yang digeledah adalah Kantor Disperindag dan ULP Pemkab Jember.

"Kami lakukan penggeledahan dan penyitaan bukti dokumen terkait. Kami hanya mengumpulkan dokumen. Tidak ada OTT (Operasi Tangkap Tangan). Kami mendalami kasus Pasar Manggisan dan lain-lain," imbuh Ponco kepada SuryaMalang.com.

Revitalisasi pasar merupakan program Pemkab Jember yang memakai sumber dana APBD Kabupaten Jember. Revitalisasi pasar berjalan tahun 2018, dan tahun 2019 ini. Tahun 2018 lalu, terdapat 12 pasar yang direvitalisasi memakai dana APBD Jember.

Dari 12 pasar itu, hingga awal tahun 2019 tersisa tiga pasar yang belum siap ditempati yakni Pasar Manggisan Kecamatan Tanggul, Pasar Tegalbesar Kecamatan Kaliwates, dan Pasar Bungur Kecamatan Patrang.

Ketidaksiapan Pasar Manggisan bahkan sampai disorot oleh sejumlah pihak. Pedagang pasar setempat mengeluhkannya. Ternyata hingga sebelum puasa atau di bulan Mei lalu, tidak ada pengerjaan apapun di pasar tersebut.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved