Malang Raya

Kalapas Lowokwaru Malang Akan Usut Penyebar Foto Aktifitas Napi di Medsos

Kasus ini sudah membawa nama Lapas Lowokwaru Malang meski diduga dilakukan oleh orang di luar lapas atau napi yang sudah bebas.

Kalapas Lowokwaru Malang Akan Usut Penyebar Foto Aktifitas Napi di Medsos
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Blok Baru Lapas Lowokwaru 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Kepala Lapas Kelas I Lowokwaru, Kota Malang, Yudi Suseno berjanji akan mengusut tuntas beredarnya foto aktifitas napi yang diunggah di media sosial Facebook.

Menurutnya, kasus ini sudah membawa nama Lapas Lowokwaru Malang meski dilakukan oleh orang di luar lapas. "Kami akan usut ini. Kami nggak bakal mundur walaupun hanya sejengkal saja. Yang namanya pelanggaran-pelanggaran itu akan kami tindak," ucapnya saat dihubungi SURYAMALANG.COM, Kamis (20/6).

Meski demikian, pihaknya akan menyelidiki kasus ini setelah dirinya kembali ke Kota Malang usai melakukan cuti lebaran.

Kata Yudi, dalam penyelesaian kasus seperti ini perlu dilakukan diskusi, baik dari pihak penjaga lapas, maupun dari narapidana.

"Kabarnya memang dilakukan oleh orang luar. Tapi apapun itu, kami masih akan diskusikan ini terlebih dahulu," ujarnya.

Saat disinggung mengenai penggunaan Handphone di dalam Lapas, Yudi mengaku, sejauh ini pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin menerapkan zero HP.

Seperti melakukan razia rutin ke dalam sel tahanan dan meminimalisir adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh warga binaan.

"Harap dimaklumi, saat ini jumlah tahanan mencapai 3.000 lebih dan jumlah petugas kami juga terbatas. Kami lebih baik mengurus sedikit orang namun benar, daripada mengurus banyak orang namun masalah semua," tandasnya.

Sebelumnya, kabar tentang foto-foto aktivitas napi di Lapas Lowokwaru sempat diunggah di Facebook dan diposting melalui grup Komunitas Peduli Malang Raya pada Rabu (19/6). Akun yang mengunggah foto tersebut bernama Indra Kusuma.

Setelah diselidiki oleh petugas, dalam foto-foto tersebut terdapat foto Indra Sugianto penghuni Lapas Lowokwaru Malang. Namun saat diinterogasi, Indra menampik kalau dirinya yang memiliki akun tersebut dan mengunggah foto-foto aktifitas di Lapas ke dalam media sosial.

Menurut Indra, kemungkinan akun tersebut dibuat oleh Karnoto, rekannya dulu di Lapas Lowokwaru yang kini telah bebas

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved