Kabar Trenggalek

Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi di Trenggalek Menjadi Target Pengembangan Perum Perindo

Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) berencana mengembangkan Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi di Kabupaten Trenggalek.

Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi di Trenggalek Menjadi Target Pengembangan Perum Perindo
suryamalang.com/Aflahul Abidin
Sekda Pemkab Trenggalek Joko Irianto bersama Direktur Utama Perum Perindo Risyanto. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) berencana mengembangkan Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi di Kabupaten Trenggalek.

Pelabuhan ini merupakan salah satu cabang Perum Perindo yang usianya sudah cukup lama, yakni sejak 1990. Rencana itu disampaikan dalam kunjungan Perum Perindo ke pelabuhan perikanan itu, Rabu (19/6/2019).

Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto mengatakan, beberapa kemungkinan pengembangan didapatkan dalam kunjungan tersebut. Misalnya, pengembangan pengolahan ikan yang bisa didistribusikan ke daerah-daerah lain.

Peluang lain, pengembangan galangan atau docking kapal yang saat ini belum tersedia. Juga pembangunan tambahan tempat penyimpanan es batu.

"Kami bermaksud me-review, mengembangkan kegiatan-kegiatan apa yang bisa dikembangkan di cabang Prigi ini," kata Risyanto.

Fokus pengembangan itu, ujar dia, masih berkisar di sektor pendukung kepelabuhan perikanan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Joko Irianto berharap, kedatangan Dirut Perum Perindo ke Prigi akan memberikan solusi perikanan di Trenggalek.

"Kita harap Perum Perindo bisa membatu mengembangkan perekonomian melalui fasilitas yang akan dibangun dan kerjasamakan dengan yang lain," ujar Joko, dalam kesempatan yang sama.

Kerjasama yang dimaksud, bisa berkisar di bidang pengolahan ikan, pengembangan udang, dan lainnya. "Kami sangat berharap apa yang akan dilakukan bisa meningkatkan perekonomian Trenggalek," ucap dia.

Potensi lain yang akan sangat membantu perekonomian di sana, misalkan, pendatangan kapal-kapal berukuran 100 Gross Tonnage (GT) dan beroperasi di lautan dekat Trenggalek.  "Itu sangat menguntungkan kami," tuturnya. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved