Malang Raya

Pemkot Malang Mulai Perbaiki Sejumlah Ruas Jalan

Pada Kamis (20/6/2019), terlihat kawasan Jl Kebalen Wetan mulai diaspal. Sehari sebelumnya, perbaikan jalan dilakukan di Jl Untung Suropati.

Pemkot Malang Mulai Perbaiki Sejumlah Ruas Jalan
Benni Indo
Perbaikan jalan di Jl Kebalen Wetan, Kota Malang, Kamis (20/6/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN -  Pemkot Malang mulai memperbaiki sejumlah ruas jalan di Kota Malang. Pada Kamis (20/6/2019), terlihat kawasan Jl Kebalen Wetan mulai dilakukan pengaspalan. Sehari sebelumnya, perbaikan jalan dilakukan di Jl Untung Suropati.

Perbaikan jalan tidak hanya difokuskan pada perbaikan jalan berlubang semata, peningkatan kapasitas jalan juga ikut ditingkatkan untuk menekan kepadatan lalin di beberapa kawasan.

Pada Rabu (19/6/2019), terlihat pelebaran jalan mulai dilakukan di kawasan Jalan Untung Suropati Kelurahan Kesatrian Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Petugas melakukan pemeliharaan, pengaspalan jalan dan pelebaran jalan di Jalan Untung Suropati Selatan dan Untung Suropati Utara Kelurahan.

Kegiatan di dua kawasan ini diketahui menggunakan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang memang langsung dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU).

Dua ruas Jalan Untung Suropati Selatan dan Jalan Untung Suropati Utara, memiliki panjang, sekitar 300 sampai 350 meter. Dua jalan ini diusulkan untuk pemeliharaan dan perluasan, karena memang terkoneksi langsung dengan Jalan Nasional.

Kasi Pengembangan Jaringan Jalan dan Jembatan, Bidang Bina Marga DPUPR Kota Malang, Slamet Santosa, menjelaskan, Jalan Ahmad Dahlan sudah selesai sebelum lebaran. Saat ini fokus di Jalan Untung Suropati Utara dan Jalan Untung Suropati Selatan.

“Nah yang Jalan Untung Suropati Utara, juga kita lebarkan, pakai beton 30 sampai 50 centimeter tergantung sisa tanahnya” ungkapnya.

Kegiatan pengaspalan jalan dengan menggunakan DAK seperti saat ini, merupakan kegiatan pengaspalan yang kedua. Sebelumnya pihak DPUPR melakukan pengaspalan di Jalan KH Ahmad Dahlan dengan panjang sekitar 270 meter.

Slamet menambahkan, ada sedikit kendala ketika melakukan pemeliharaan dan perlebaran jalan. Kendala itu karena terdapat beberapa pohon besar yang posisinya sedikit maju, sehingga saat perluasan mengalami kendala.

Namun pihaknya tidak akan memotong pohon karena pohon itu adalah aset.

“Kami menghindari pemotongan pohon. Nanti tetap kami sesuaikan dengan akar pohonnya sehingga marka akan dibelokkan sesuai akar pohon,” urainya. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved