Malang Raya

Suhu Kota Malang Tembus 18 Derajat Celcius, Inilah Penyebabnya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang mencatat suhu di kota tersebut saat dini hari bisa mencapai 18 derajat celsius.

Suhu Kota Malang Tembus 18 Derajat Celcius, Inilah Penyebabnya
https://the-weather-station.com/
ILUSTRASI - Weather station 

SURYAMALANG.COm - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang mencatat suhu di kota tersebut saat dini hari bisa mencapai 18 derajat celsius.

Penurunan suhu itu setidaknya terjadi sejak sepekan terakhir seperti yang terlihat dari weather station milik BPBD Kota Malang.

"Seperti yang terlihat di weather station, suhu saat ini dingin karena masuk musim kemarau. Malam hari bisa 21 derajat sampai 18 derajat," tutur analis kebencanaan BPBD Kota Malang, Mahfuzi, Kamis (20/6/2019).

Ia menerangkan, arah angin di berdasarkan pengamatan weather station saat ini berkecepatan 3 km/jam mengarah ke barat laut. Kelembaban di Kota Malang 66 persen dan curah hujan nihil.

Mahfuzi menerangkan, penurunan suhu pada malam hari ini akibat panas matahari yang diserap oleh bumi langsung lepas ke udara karena minimnya keberadaan awan.

"Seandainya ada awan, maka panas yang dilepas tadi akan di pantulkan lagi ke bumi, makanya suhu permukaan hangat," imbuh dia.

BPBD Kota Malang memprediksi penurunan suhu di Kota Malang masih akan terjadi hingga Oktober mendatang atau berakhirnya musim kemarau.

"Beberapa hari ke depan masih sama. Apalagi saat ini kabut mulai turun," pungkasnya.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved