Kota Batu

Bantu Pelaku Usaha di Kota Batu Ciptakan Desain Produk Kemasan, Pemkot Operasikan Layanan Keliling

Program kegiatan layanan keliling itu untuk membantu pelaku usaha di Kota Batu dalam membuat desain produk.

Bantu Pelaku Usaha di Kota Batu Ciptakan Desain Produk Kemasan, Pemkot Operasikan Layanan Keliling
suryamalang.com/Sany Eka Putri
Beberapa produk dalam kemasan yang ditunjukkan di mobil Pelayanan keliling desain kemasan IKM milik Provinsi Jatim, Senin (24/6). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Suhartini (43) salah satu pelaku usaha di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji terlihat sibuk menulis persyaratan untuk mengurus desain usahanya. Ia mengurus di mobil Pelayanan keliling desain kemasan IKM milik Provinsi Jatim, Senin (24/6).

Suhartini harus memilih nama lain karena nama produk yang ia usulkan untuk nama usahanya sudah dipakai orang lain.

Nama yang ia usulkan adalah 'Ubiku', karena sudah ada yang pakai ia harus mengganti nama. "Tadi dicek ternyata sudah ada yang memakai. Akhirnya saya pakai 'Ubi Q'," kata dia seusai mengurus produknya.

Usaha yang ia buat itu baru 10 hari, ia membuat desain produknya dengan memanfaatkan mobil pelayanan keliling. Dengan adanya mobil keliling ini bagi pelaku usaha seperti dirinya bisa terbantu untuk membuat desain produknya.

Sementara Kasi Pengembangan Usaha Ekspor Impor Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan, Kota Batu, Inol Ertadyansah mengatakan, program kegiatan itu untuk membantu pelaku usaha di Kota Batu dalam membuat desain produk. Tidak ada persyaratan khusus bagi pelaku usaha yang mengurus ini.

"Asalkan usahanya sudah memiliki izin usaha, seperti PIRT, atau BPOM," kata Inol.

Adanya kegiatan itu juga untuk membantu meringankan pelaku usaha. Dengan tujuan membuat produk usaha di Kota Batu memiliki standar daya saing. Pelaku usaha ini dibantu mulai dari nama yang pas dan disesuaikan dengan jenis produknya. Agar memiliki kreatifitas dan menarik pembeli, diimbangi dengan kualitas produk yang bagus.

"Ada sekitar 50 pelaku usaha di Kecamatan Bumiaji yang kami ajak untuk mengurus desain produk ini. Ini nantinya gantian, di setiap kecamatan kami memberikan kesempatan kepada pelaku usaha," imbuhnya. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved