Kabar Surabaya

Khofifah Minta Jokowi agar Exit Tol Trans Jawa Terhubung dengan Pelabuhan Jangkar, Situbondo

Permintaan Khofifah kepada Jokowi, exit jalan tol Situbondo-Banyuwangi nantinya bisa terhubung dengan pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Khofifah Minta Jokowi agar Exit Tol Trans Jawa Terhubung dengan Pelabuhan Jangkar, Situbondo
google maps
Pelabuhan Jangkar, Situbondo. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengajukan permintaan khusus pada Presiden Joko Widodo untuk penyelesaian tol trans Jawa khususnya yang melintas di Jawa Timur.

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi pekan lalu, Khofifah menyampaikan pengajuan perubahan penetapan lokasi (penlok) untuk tol di Situbondo - Banyuwangi.

Khofifah meminta agar penetapan lokasi tol tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Jawa Timur khususnya terkait titik exit tol.

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur itu meminta agar exit tol Situbondo-Banyuwangi nantinya bisa terhubung dengan Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Sebab dalam waktu dekat pelabuhan Jangkar akan diaktifkan untuk melayani rute pelayaran dari Situbondo sampai ke Pelabuhan Lembar di Mataram, Kupang dan kawasan Nusa Tenggara Timur. Saat ini rute pelabuhan tersebut sedang dalam proses izin trayek di Kementerian Perhubungan.

"Kita butuh exit tol yang bisa menyambung ke Pelabuhan Jangkar. Saya sudah sampaikan ke Pak Jokowi kemarin, maka sekarang sedang di-exercise supaya ada revisi penloknya," kata Khofifah, Senin (24/6/2019).

Jika ada exit tol yang nantinya bisa konek dengan Pelabuhan Jangkar, maka akan memperlancar arus kendaraan yang akan menyeberang melalui pelabuhan tersebut. Sebab saat ini rute pelayaran ke NTT bertumpu di Pelabuhan Ketapang.

PETA - Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur

Kapal harus menyeberang Ketapang dulu, lalu ke Padangbai Bali, baru ke Lembar Mataram. Jika izin trayek Pelabuhan Jangkar sudah keluar maka dari pelabuhan Jangkar kapal bisa berlayar langsung bisa ke Lembar, sehingga arus transportasi bisa lebih efisien.

"Kalau sudah keluar izin trayeknya maka load di Ketapang akan berkurang banyak dan terbantu untuk lebih efisien," tegas Khofifah.

Di sisi lain, masih soal jalan tol, wanita yang juga sempat menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan ini menyebut tol Pandaan Malang yang kini masih berujung di Karanglo, bakal segera diteruskan hingga ke Bulu Lawang.

Khofifah optimistis penyelesaian jalan tol ini akan memberikan dampak positif pada kesejahteraan warga Jawa Timur khususnya di kawasan Malang Selatan. Sebagaimana diketahui kawasan Malang Selatan adalah kawasan di Jawa Timur yang paling tinggi kemiskinan pedesannya.

"Sebentar lagi jalan tol itu kan diteruskan ke Pakis hingga Bulu Lawang. Nah kalau Bulu Lawang sudah masuk kawasan Malang Selatan, kita berharap pembangunan jalan ini akan menambah kesejahteraan bagi warga di Malang Selatan," tegasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved