Malang Raya

Perkiraan BMKG, Puncak Musim Kemarau di Malang Terjadi pada Agustus

"Sejak 10 Juni sudah tidak ada lagi hujan terjadi di Malang. Kami prediksi puncaknya Agustus," kata prakirawan BMKG Karangploso, Lutfi, Senin (24/6/20

Perkiraan BMKG, Puncak Musim Kemarau di Malang Terjadi pada Agustus
KOMPAS
Ilustrasi 

SURYAMALANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau di Malang terjadi pada bulan Agustus.

"Sejak 10 Juni sudah tidak ada lagi hujan terjadi di Malang. Kami prediksi puncaknya Agustus," kata prakirawan BMKG Karangploso, Lutfi, Senin (24/6/2019).

Beberapa wilayah di Malang telah mengalami kekeringan terutama di daerah Kabupaten Malang. Daerah tersebut diantaranya adalah Donomulyo dan Karangploso.

"Karena sudah tidak ada hujan, potensi kekerinfan juga sudah mulai terlihat. Di Kota Malang juga ada potensi itu," kata Lutfi.

Ia mengatakan, musim kemarau biasanya terjadi dalam kurun waktu 30 hari ke depan. Prediksi ini kemungkinan bertambah karena Agustus adalah puncak kemarau.

Selain itu jika dibandingkan dengan tahun 1981 hingga 2010, kemarau tahun ini diperkirakan lebih kering.

"Kami membandingkannya bukan dengan tahun 2017 atau 2018 tapi dengan tahun 1981 sampai 2010. Tahun ini kemungkinan lebih kering," ujarnya.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved