Kabar Blitar

Bangungan Kios Stadion Supriyadi Kota Blitar Sisi Selatan Senilai Rp 2 Miliar Terancam Mangkrak

Bangunan kios di tribun penonton Stadion Supriyadi, Kota Blitar, sisi selatan sampai sekarang belum juga difungsikan meski selesai dibangun 2017 lalu.

Bangungan Kios Stadion Supriyadi Kota Blitar Sisi Selatan Senilai Rp 2 Miliar Terancam Mangkrak
suryamalang.com/Samsul Hadi
Pengendara melintas di depan kios Stadion Supriyadi Kota Blitar sisi selatan, Selasa (25/6/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Bangunan kios di tribun penonton Stadion Supriyadi, Kota Blitar, sisi selatan sampai sekarang belum juga difungsikan. Padahal, pembangunan kios di tribun penonton sisi selatan sudah selesai sejak 2017 lalu.

Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto meminta Pemkot Blitar segera memanfaafkan kios di tribun penonton stadion sisi selatan. Dia khawatir, kalau tidak segera difungsikan, kondisi bangunan kios justru akan rusak.

Selain itu, kios yang dibangun menghabiskan dana miliar rupiah itu terkesan menjadi bangunan mangkrak. "Pembangunannya sudah selesai sejak 2017, tapi sampai sekarang tetap belum dimanfaatkan. Malah terkesan menjadi bangunan mangkrak," kata Totok, Selasa (25/6/2019).

Totok juga mengimbau organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar segera berkoordinasi untuk pemanfaatan bangunan kios tersebut. Menurutnya, ada tiga OPD yang terlibat dalam pemanfaatan kios di tribun penonton stadion.

Ketiga OPD itu yakni, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), dan Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Pengelolaan kios di tribun penonton stadion menjadi wewenang Dispora.

Sedangkan pemetaan pedagang yang akan menempati kios di tribun penoton menjadi wewenang Disperindag. Kemudian, BPKAD berwenang menentukan retribusi untuk pedagang yang menempati kios di tribun penonton.

"Tiga OPD ini harus segera berkoordinasi untuk pemanfaatan kios di stadion. Kalau bisa tahun ini, kiosnya sudah dimanfaatkan," ujarnya.

Kepala Dispora Kota Blitar, Juari mengatakan, kios di tribun penonton stadion sisi selatan pada prinsipnya sudah siap ditempati. Dispora masih menunggu Disperindag untuk menentukan pedagang kaki lima mana yang akan ditampung di kios itu.

Menurutnya, Disperindag yang mempunyai wewenang menata dan membina pedagang kaki lima. "Dispora hanya menerima pedagang mana yang akan ditempatkan di kios stadion. Untuk penataan pedagang wewenanganya di Disperindag," katanya.

Dikatakannya, untuk kios di tribun penonton sisi utara masih belum selesai 100 persen. Rencananya, masih ada pembangunan lanjutan meliputi sekat dan keramik di kios tribun penonton sisi utara pada tahun ini. "Jaringan listrik di kios stadion sisi utara juga belum terpasang. Targetnya tahun ini harus tuntas," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemkot Blitar membangun tribun penonton Stadion Supriyadi sisi selatan pada 2017. Bangunan tribun penonton dilengkapi dengan sejumlah kios. Alokasi anggaran pembangunan tribun penonton sisi selatan sekitar Rp 2 miliar.

Lalu, pada 2018, Pemkot Blitar membangun tribun penonton Stadion Supriyadi sisi utara. Pembangunan tribun penonton sisi utara menelan anggaran Rp 2,4 miliar. Di bawah tribun penonton juga dibangun kios-kios untuk memasarkan produk unggulan UMKM Kota Blitar. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved