Kabar Trenggalek

Pemkab Trenggalek Usulkan Formasi 472 P3K dan CPNS dalam Rekrutmen Tahun 2019

Pemkab Trenggalek mengusulkan 472 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Pemkab Trenggalek Usulkan Formasi 472 P3K dan CPNS dalam Rekrutmen Tahun 2019
Suryamalang/ tribun
Lowongan CPNS 2019 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Pemkab Trenggalek mengusulkan 472 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokorasi (Kemenpan RB).

Dari jumlah itu, 70 persen formasi diusulkan untuk P3K, sementara sisanya 30 persen untuk CPNS.
Komposisi itu sesuai dengan surat dari Kemenpan RB yang diterima Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Trenggalek.

"Jumlah itu juga sesuai dengan BUP (Batas Usia Pensiun) saat ini. Karena dalam suratnya, Kemenpan RB menyampaikan pengajuan zero growth," kata Kepala BKD Kabupaten Trenggalek, Pariyo, Selasa (25/6/2019).

Jumlah yang diajukan itu pun belum ditambah dengan PNS yang mengajukan pengunduran diri atau pensiun dini. Hanya saja, dari surat yang diterima itu, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis soal formasi P3K masih belum jelas.

"Apakah yang dimaksud ketentuan 70 persen untuk P3K itu adalah yang saat ini sudah bekerja atau terbuka untuk umum. Itu yang kami belum tahu," tutur Pariyo.

Yang pasti, formasi P3K nantinya akan dibuka hanya untuk jabatan fungsional sebagai pelayan publik dan pelayanan dasar.

Contohnya, yakni tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga yang bertugas di tempat-tempat pelayanan publik.

Hal itu, kata dia, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen P3K. Pengajuan jumlah tersebut sudah dilakukan melalui e-formasi 20 Juni lalu. BKD belum mengetahui waktu penetapan formasi yang akan disetujui oleh Kemenpan RB.

Bupati Trenggalek M Nur Arifin menambahkan, kebutuhan pegawai di Pemkab Trenggalek masih cukup tinggi. Ia mengatakan, Pemkab Trenggalek idealnya mempunyai pegawai sebanyak 11.000 orang. Sementara jumlah pegawai yang ada saat ini sekitar 7.500 orang.

Hampir semua bidang punya kekurangan kebutuhan pegawai. Hal itu didukung oleh jumlah pegawai pensiun yang cukup banyak dari tahun ke tahun.

Data yang tercatat di BKD, antara 300 sampai 400 PNS di Pemkab Trenggalek pensiun setiap tahunnya.
"Puncaknya tahun depan, sekitar 600-an PNS yang pensiun," tutur Gus Ipin. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved