Malang Raya

Benarkah Kota Malang sudah jadi Smart City? Ini Tanggapan Wali Kota Sutiaji

“Ya memang Kota Malang belum Smart City. Namun kami telah mempersiapkan ke arah sana. Kami mulai melalui digitalisasi,” kata Wali Kota Malang Sutiaji.

Penulis: Benni Indo | Editor: yuli
suryamalang.com/Haorrahman
Rapat evaluasi penerapan program Smart City di 75 Kabupaten/Kota oleh Kemenkominfo di Banyuwangi. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa Kota Malang belum Smart City, melainkan sedang menuju smart city.

Hal itu dijelaskan Sutiaji saat menjawab pertanyaan akademisi Universitas Brawijaya (UB) Malang, Dr Abdul Azis SR, dalam Diskusi Harmonisasi Pasca Pilpres 2019 yang diselenggarakan FISIP UB Malang di Hotel Savana, Sabtu (29/6/2019).

“Ya memang Kota Malang belum Smart City. Namun kami telah mempersiapkan ke arah sana. Kami mulai melalui digitalisasi,” kata Sutiaji, Sabtu (29/6/2019).

Dilanjutkan Sutiaji, pada akhir kepemimpinannya nanti, yakni tahun 2023, ditargetkan Kota Malang telah betul-betul menjadi smart city. Kota Malang masih butuh banyak waktu mewujudkan konsep smart city yang dicita-citakan.

Sutiaji menerangkan, dibutuhkan waktu 3 bulan untuk satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertransformasi menjadi digital.Di sisi lain, Sutiaji juga tengah menyusun Perwal agar aplikasi-aplikasi yang nanti digunakan memiliki payung hukum.

“Memang saya akui sampai saat ini Kota Malang masih belum smart. Tapi kita sudah melakukan percepatan, butuh waktu 3 bulan untuk mendigitalisasi 1 OPD saja, ini butuh kerja keras dan kita tidak diam saja,” jelasnya.

Ia mengatakan masing-masing OPD tengah melakukan digitalisasi. Namun Sutiaji tidak mengetahui berapa persen progresnya. Ia berharap tahun depan penerapan konsep smart city dapat terlaksana.

“Maka dari itu kita butuh bantuan banyak pihak, termasuk akademisi. Mereka yang bisa dan ahli dalam komputerisasi. Kita sudah melakukan semua tahap awal ini,” tegasnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved