Malang Raya

Kisah Haru Ibu Rahayu, Guru Honorer Asal Malang yang Terlunta Menderita Penyakit Diabetes Stadium 4

Rahayu sedang terbaring lemah di tempat tidur, para mantan murid rela menjaganya secara bergantian setelah BPJS dan SPM belum didadapatkan.

Kisah Haru Ibu Rahayu, Guru Honorer Asal Malang yang Terlunta Menderita Penyakit Diabetes Stadium 4
suryamalang.com/Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Kondisi Rahayu Rodiyah (51), seorang guru honorer asal Malang yang kini sedang terbaring lemah di tempat tidurnya karena menderita penyakit Diabetes Stadium 4. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Rahayu Rodiyah (51) seorang guru honorer di MTS dan MA Mafaitul Huda, Pujon, Kabupaten Malang kini harus terbaring lemah tak berdaya di tempat tidurnya. Perempuan yang tinggal di Jalan Ir Rais Gang 7, Kota Malang itu mengidap penyakit diabetes stadium 4.

Sehari-harinya ia dirawat oleh ibunya, Soeratun (76) dan beberapa muridnya yang kini telah menjadi alumni.

Dikala mengajar, Rahayu merupakan sosok yang menjadi panutan disaat membimbing muridnya. Oleh karena itu, di saat Rahayu sedang terbaring lemah di tempat tidur, para mantan murid rela menjaganya.

"Saya tahunya kalau bu Rahayu ini sakit dari para guru disaat lebaran lalu. Kemudian kami berinisiatif menjaga beliau. Karena di rumahnya beliau hanya tinggal berdua dengan ibunya," ujar Udin, salah satu murid Rahayu.

Sebelum sakit, Rahayu harus pulang pergi dari Malang menuju ke Pujon dengan menaiki angkutan bus. Hal itu dilakukan Rahayu, karena ibunya sendirian di rumahnya

Sedangkan Rahayu sendiri hingga kini belum juga menemukan pendamping hidup. "Bu Rahayu sampai saat ini belum nikah. Kami kasihan, karena dia pernah bilang kalau ingin menjaga dan merawat neneknya," ujar Udin.

Di tengah kondisinya yang serba pas-pasan, saat ini kondisi Rahayu semakin lemah. Kendala biaya menjadi persoalan utama Rahayu belum juga dirawat di Rumah Sakit.

Hingga beberapa warga setempat mencoba mencarikan jalan keluar dengan mendaftarakannya BPJS dan juga SPM. Namun, terdapat kendala dalam pengurusan BPJS dan SPM tersebut.

BPJS Rahayu baru aktif pada tanggal 3 Juli 2019. Sedangkan Surat Pernyataan Miskin (SPM) tidak berlaku, karena Rahayu sudah terdaftar BPJS. Padahal sebenarnya Rahayu butuh penanganan cepat, agar diabetes stadium 4 tidak menjalar ke seluruh tubuh.

"Memang kendala utamanya ialah masalah biaya. Untuk itu kami membantu mengurus SPM dan BPJS Bu Rahayu ini," ucap Sueb, tetangganya.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved