Malang Raya

Inspektorat Kabupaten Malang Peringatkan Cakades Terpilih Gunakan DD ADD Secara Bijak

Kepala Inspektorat Kabupaten Malang, Tridiyah Maestuti mempersilahkan bagi siapa saja yang menjadi pemenang silahkan melapor kepada Inspektorat

Inspektorat Kabupaten Malang Peringatkan Cakades Terpilih Gunakan DD ADD Secara Bijak
SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Tridiyah Maestuti 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN -  Inspektorat Kabupaten Malang memberi peringatan kepada para kepala desa terpilih agar tak main-main dalam mengelola program Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Kepala Inspektorat Kabupaten Malang, Tridiyah Maestuti mempersilahkan bagi siapa saja yang menjadi pemenang silahkan melapor kepada Inspektorat Kabupaten Malang atau aparat penegak hukum.

Seruan tersebut disampaikan Tridiyah, apabila calon kepala desa (cakades) yang menang memang memiliki bukti penyimpangan DD dan ADD.

"Bagi siapapun yang menang entah itu pendatang baru atau incumbent. Bisa melapor kepada kami (Inspektorat Kabupaten Malang) atau aparat jika mengantongi bukti penyimpangan DD dan ADD"

"Tapi jangan karena kalah terus cari-cari, ngisruh, apalagii jangan sampai saling menjatuhkan," ujar Tridiyah ketika dikonfirmasi, Minggu (30/6/2019).

Tridiyah menambahkan, pihaknya bersama Bappeda, BKAD dan DPMD Kabupaten Malang balal memberi pendampingan terkait penyusunan APBDes tahun 2020.

"Pendampingan akan kami berikan dalam hal menyusun perencanaan. Mekanisme pertanggungjawaban yang tertuang dalam APBDes wajib digunakan sesuai dengan sasaran bantuan dan kebutuhan," jelas Tridiyah.

Di sisi lain, berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, jumlah dana desa (DD maupun alokasi dana desa (ADD) yang harus dikelola di 269 desa yang melaksanakan pilkades nilainya Rp 397 miliar.

Riniciannya sebesar Rp 397.672.638.100. Adapun untuk ADD senilai Rp 137.484.732.100 dan DD sebanyak Rp 260.187.906.000.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved