Malang Raya

4 Juli, KPU Kota Malang Tetapkan Perolehan Suara Partai dan Anggota DPRD

Sebelumnya, KPU telah menjadwalkan rapat pleno terbuka pada 3 Juli 2019.

4 Juli, KPU Kota Malang Tetapkan Perolehan Suara Partai dan Anggota DPRD
SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai dan calon terpilih anggota DPRD Kota Malang dalam Pemilu 2019 kemungkinan besar akan dilaksanakan pada 4 Juli 2019 di Hotel Santika, Kota Malang.

Sebelumnya, KPU telah menjadwalkan rapat pleno terbuka pada 3 Juli 2019.

Namun, karena surat dari MK terkait kepastian tidak adanya gugatan di wilayah Kota Malang belum diterima KPU Kota Malang. Akhirnya jadwal penetapan diundur sehari yakni tanggal 4 Juli 2019.

Komisioner KPU Kota Malang M Thoyib menjelaskan bahwa KPU RI telah berkirim surat kepada MK untuk meminta konfirmasi adanya gugatan, meliputi partai politik apa saja, untuk pemilu jenis apa, dan lokasi atau tingkat apa dalam gugatan.

KPU RI saat ini dalam posisi menunggu jawaban konfirmasi surat MK, yang kemudian akan dijadikan dasar untuk melangkah ke tahapan berikutnya bagi KPU Kota Malang yaitu Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Malang. Hal serupa juga terjadi di KPU daerah lainnya di luar Kota Malang.

“Dengan demikian, KPU Kota Malang saat ini masih menunggu arahan dari KPU RI berdasarkan Surat Konfirmasi MK tersebut. Karena itu, Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Malang belum dapat dilaksanakan,” terang Thoyib, Rabu (3/7/2019).

Berdasarkan Situng KPU, untuk Kota Malang, PDI Perjuangan menjadi partai nomor urutan satu dengan perolehan suara sebanyak 23.3 persen. Disusul kemudian adalah PKB 14.8 persen, PKS 10.76 persen, Gerindra 9.76 persen, Demokrat 8.34 persen.

Setelah Demokrat, ada Golkar 7.45 persen, NasDem 6.14 persen, PAN 6 persen, PSI 4.09 persen, Perindo 3.78 persen, PPP 2.55 persen, Berkarya 1.46 persen, Hanura 1.42 persen, PBB 0.56 persen, Garuda 0.2 persen dan PKPI 0.1 persen. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved