Kota Batu

Ikan Nila dan Ikan Lele Menjadi Produk Andalan Peternak Ikan Kolam di Kota Batu

Selain memiliki potensi unggulan dibidang pertanian, kota Batu juga memiliki potensi tinggi di bidang perikanan kolam.

Ikan Nila dan Ikan Lele Menjadi Produk Andalan Peternak Ikan Kolam di Kota Batu
Ist
Kolam ikan lele di Desa Oro-oro Ombo Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Selain memiliki potensi unggulan dibidang pertanian, kota Batu juga memiliki potensi tinggi di bidang perikanan. Ada dua jenis ikan yang diunggulkan di kota Batu, yaitu ikan Nila dan Ikan Lele.

Dalam satu bulan, hasil produksi untuk ikan Nila mencapai 2000 kilogram dalam satu bulan, ikan Lele 2300 kilogram dalam satu bulan.

Sekretaris Dinas Pertanian Kota Batu, Hendri Suseno mengatakan, kedua jenis ikan tersebut permintaan dari Kota cukup tinggi. "Ada juga ikan Mas, tapi yang lebih unggul dua ikan itu. Permintaan datang dari Kota Batu, juga Malang Raya," ungkapnya, Rabu (3/7).

Karena dua ikan itu yang paling potensi setiap tahunnya juga diberi bantuan. Tahun ini Pemkot Batu memberikan bantuan bibit ikan. Untuk ikan Nila bibit itu diberikan kepada 7 kelompok, sedangkan untuk ikan Lele diberikan kepada 6 kelompok.

Masing-masing kelompok mendapatkan 25 ribu bibit ikan. Dikatakan Hendri, tidak hanya bibit iakn saja, tetapi juga ada bantuan berupa perlengkapan kolam. "Ada terpal untuk kolam terpal, hiblow, seser basket. Perlengkapan kolam ini menyesuaikan kebutuhan dari kolam," imbuhnya.

Di Kota Batu saat ini, menurut Hendri, ada sekitar 220 rumah tangga perikanan yang tergabung dalam kelompok tani di Kota Batu. Karena di Kota Batu masih belum ada kelompok khusus perikanan. Untuk kolam terpal ikan lele di Batu ada di Desa Oro-oro Ombo 6 petak yang dikelola Kelompok Tani Panderman.

Kota Batu sendiri juga berencana untuk mencanangkan gerakan makan ikan. Hal itu disampaikan Wibi Santoso, Ketua PKK Kota Batu. Menurutnya, rencana itu akan direalisasikan tahun ini. "Iya masih kami rencanakan, karena gerakan itu sangat bagus untuk anak-anak di Kota Batu," tutur Wibi. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved