Kabar Trenggalek

Argopark Trenggalek, Wisata Edukasi Pertanian Zaman Kekinian di Pusat Kota

Kabupaten Trenggalek memiliki tempat edukasi pertanian kekinian di pusat kota "Argopark Trenggalek". Tempat itu baru diresmikan akhir tahun lalu.

Argopark Trenggalek, Wisata Edukasi Pertanian Zaman Kekinian di Pusat Kota
suryamalang.com/Aflahul Abidin
Taman Argopark di Ibu Kota Kabupaten Trenggalek dibangun sebagai edukasi teknologi pertanian modern. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Kabupaten Trenggalek memiliki tempat edukasi pertanian kekinian di pusat kota "Argopark Trenggalek". Tempat itu baru diresmikan akhir tahun lalu.

Di dalam area seluas sekitar 1,6 hektare (ha) itu, terdapat aneka tanaman, mulai dari padi, obat keluarga, sayuran, tempat pembudayaan ikan, dan beberapa hewan ternak.

Mudah dijangkau karena Argopark Trenggalek berada di pinggir jalan utama menuju alun-alun di Jalan Soekarno-Hatta. Saat akhir pekan, puluhan orang datang ke tempat itu. Kebanyakan adalah warga lokal yang ingin mencari tempat melepas penat.

"Ke sini lumayan sering. Sudah beberapa kali bersama anak-anak," ujar Kusumawati, warga asli Trenggalek, Sabtu (6/6/2019).

Ia datang bersama dua anaknya yang masih kecil. Di sana, ia membeli pakan ikan dan mengajak kedua buah hatinya untuk memberi makan ikan-ikan koi di kolam sisi depan area argopark.

"Sekalian agar anak-anak tahu soal tumbuh-tumbuhan dan binatang-binatang. Datang ke sini juga enak, dekat dan hemat," selorohnya.

Tak hanya warga lokal, ada juga warga luar kota yang singgah di sana. Misbahul Ulum, misalnya, warga asal Surabaya yang kebetulan singgah setelah menempuh perjalanan beberapa jam dari Kota Pahlawan. "Saya rencana mau ke rumah saudara. Tapi sengaja istirahat dulu di sini," kata Ulum.

Menurutnya, Argopark Trenggalek layak untuk didatangi meski sekadar beristirahat atau melihat-lihat konsep pertanian modern.

Di sana, hamparan padi dan tanaman-tanaman hijau memenuhi lokasi. Dari tempat tersebut, perbukitan yang mengelilingi Trenggalek juga tampak. Untuk beristirahat, ada beberapa gazebo yang bisa ditempati. "Di Surabaya kan susah untuk cari tempat seperti ini. Enggak ada justru sepengetahuan saya," tuturnya.

Bupati Trenggalek M Nur Arifin mengatakan, Argopark Trenggalek merupakan tempat percontohan teknologi pertanian yang terintegrasi. "DI sana ada padi, ada ikannya di sawah itu, ada perternakannya, pengolahan pupuk, holtikultura, budidaya lele, dan lain-lain," kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Bupati termuda yang saat ini menjabat itu menjelaskan, satu fasilitas lain yang akan ditambahkan di Argopark Trenggalek adalah joglo edukasi tani. Setelah ini, konsep yang saat ini dipakai di Argopark Trenggalek akan diterapkan ke desa-desa.

"Mereka yang datang berombongan ke sana, dan membuat janji dengan dinas terkait, bisa mendapat nilai tambah. Ada pemandu yang akan menjelaskan setiap hal di sana," tutur Mas Ipin. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved