Malang Raya

Pemkot Malang Mulai Revitalisasi Pasar Mergan Dengan Anggaran Hingga Rp 1,6 Miliar

Rencananya, konsep pembangunan Pasar Mergan akan disamakan dengan Pasar Oro-Oro Dowo Kota Malang yang kini menjadi pasra berstandar nasional.

Pemkot Malang Mulai Revitalisasi Pasar Mergan Dengan Anggaran Hingga Rp 1,6 Miliar
suryamalang.com/Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Para pekerja sedang memasang paku bumi di sudut Pasar Mergan. Pembangunan Pasar Mergan kini sedang dilakukan, dan Pemkot Malang menganggarkan dana Rp 1,6 Miliar. 

SURYAMALANG.COM, SUKUN - Revitalisasi pasar mergan mulai dilakukan Pemkot Malang. Hal itu terlihat dari para pekerja mulai memasang paku bumi di setiap sudut pasar. Beberapa pondasi dasar juga mulai dikerjakan oleh para pekerja.

Bahkan, lapak sementara untuk pedagang kini juga telah mulai dibangun di samping Pasar Mergan, tepatnya di Jalan Simpang Raya Langsep.

"Ini ada 44 lapak penampungan sementara yang nantinya akan digunakan oleh para pedagang yang ada di dalam pasar," ucap Soerawan, mandor pembangunan kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (6/7).

Sudah dua minggu ini lapak penampungan sementara itu telah dibangun. Soerawan memperkirakan pada pertengahan bulan ini lapak tersebut mulai bisa digunakan oleh pedagang. "Sejauh ini tidak ada kendala dalam pembangunan. Lancar semuanya," terangnya.

Sementara itu, Dedik, pemilik Toko Sumberejo di Pasar Mergan menganggap baik revitalisasi di Pasar Mergan ini. Menurutnya, pembangunan ini dirasa perlu, karena Pasar Mergan kondisinya sudah kumuh dan sering becek ketika hujan turun. "Kalau hujan kami itu yang susah, banjir di sini," terangnya.

Dengan adanya revitalisasi ini, Dedik berharap kondisi Pasar Mergan semakin bersih dan bisa membuat pedagang serta pengunjung merasa nyaman dalam berbelanja. "Kalau bersih kan enak. Yang penting pasar bisa ramai. Apalagi janji kepala pasar tetap tidak ada penambahan pedagang. Ini sangat bagus," imbuhnya.

Dinas Perdagangan Kota Malang sendiri telah menganggarkan revitalisasi Pasar Mergan Kota Malang mencapai Rp 2 Miliar.

Namun, setelah mengikuti proses lelang di Unit Layanan Pengadaan (UPL) Kota Malang, anggarannya turun menjadi Rp 1,6 miliar.

"Jumlah tersebut turun karena memang dari pemenang lelang menurunkan biaya hingga 34 persen," ucap Kepada Disdag Kota Malang, Wahyu Setianto.

Dalam relokasi pedagang di Pasar Mergan, Dinas Perdagangan Kota Malang telah menggelontorkan dana sebesar Rp 40 Juta.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved