Travelling

Festival Panji Nusantara 2019 Dimulai dari Kabupaten Blitar karena Telah Lahirkan Pemimpin Hebat

Pembukaan Festival Panji Nusantara 2019 dimulai dari Kabupaten Blitar karena Blitar telah melahirkan pemimpin-pemimpin hebat.

Festival Panji Nusantara 2019 Dimulai dari Kabupaten Blitar karena Telah Lahirkan Pemimpin Hebat
Samsul Hadi
Pembukaan Festival Panji Nusantara di kompleks Amphiteater, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar berlangsung meriah, Selasa (9/7/2019) malam. 

Kepala Disparbud Provinsi Jatim, Sinarto, mengatakan, pembukaan Festival Panji Nusantara 2019 dimulai dari Kabupaten Blitar karena Blitar telah melahirkan pemimpin-pemimpin hebat. Dia berharap Blitar bisa menjadi inspirasi daerah lain seperti Kediri, Tulungagung, dan Malang, dalam mengembangkan cerita Panji.

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pembukaan Festival Panji Nusantara di kompleks Amphiteater, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar berlangsung meriah, Selasa (9/7/2019) malam.

Tempat duduk di Amphiteatre Penataran penuh dengan penonton.

Acara itu dihadiri Kepala Disparbud Provinsi Jatim, Sinarto dan Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Restu Gunawan. Sejumlah pejabat Forkompimda Kabupaten Blitar juga hadir dalam acara itu. 

Tapi, Bupati Blitar, Rijanto tidak datang dalam acara itu. Bupati Blitar, Rijanto diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemkab Blitar, Tuti Komariyati.

Acara itu dibuka dengan pementasan tari Porem Bolkiyoh yang dimainkan para penari dari sanggar tari Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Jatim, Sinarto mengatakan masyarakat Jawa Timur harus bangga karena memiliki cerita Panji.

Menurutnya, cerita Panji merupakan kesenian lokal Jawa Timur yang perlu dikembangkan. Cerita Panji bisa menjadi kekuatan lokal di Jawa Timur.

"Kami bersama kota dan kabupaten di Jatim terus berusaha mengekspose kekuatan lokal yang bisa menjadi jati diri, salah satunya soal cerita Panji," kata Sinarto.

Penampilan kesenian Panji dari ISI Solo pada Festival Panji Nusantara di Amphiteater Penataran, Kabupaten Blitar, Selasa (9/7/2019).
Penampilan kesenian Panji dari ISI Solo pada Festival Panji Nusantara di Amphiteater Penataran, Kabupaten Blitar, Selasa (9/7/2019). (Samsul Hadi)

Dikatakannya, cerita Panji perlu digali lagi untuk dikenalkan kepada generasi muda khususnya kaum millenial. Dengan mengenal cerita Panji, dia berharap kaum millenial punya semangat yang kuat untuk menghadapi dunia global.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved