Malang Raya

Langkah Efisiensi Sejumlah PTS Di Jatim Memilih Merger, Diantaranya Sejumlah PTS di Kota Malang

Ada tiga PTS kemudian menjadi satu setelah merger. Ada juga yang empat PTS akhirnya jadi satu. Termasuk sejumlah PTS di Kota Malang.

Langkah Efisiensi Sejumlah PTS Di Jatim Memilih Merger, Diantaranya Sejumlah PTS di Kota Malang
google
Ilustrasi.

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Alasan efisiensi, sejumlah PTS di Jawa Timur memilih untuk merger. Hal ini disampaikan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) wilayah 7 Jawa Timur, Prof Dr Ir Soeprapto DEA saat di Malang, Senin (8/7/2019).  "Yang merger di Jatim banyak," jelasnya.

Dikatakan Soeprapto, ada tiga PTS kemudian menjadi satu setelah merger. Ada juga yang empat PTS akhirnya jadi satu. "Jika tidak efisien maka biaya operasionalnya besar," kata Soeprapto.

Untuk itu, dikatakan Soeprapto, ia menyarankan merger lebih baik jika sama-sama satu yayasan. Sedang jika beda yayasan, biasanya agak sulit terutama untuk menentukan nilainya. "Tapi mereka bebas mau memilih skema mana jika ingin merger," kata Soeprapto.

Di Malang, ungkap Soeprapto, juga ada dua PTS yang akan merger. Namun ia belum bisa menyebutkan nama PTS tersebut. "Mungkin masih tergantung hitung-hitungannya. Ya seperti di take over karena bukan satu yayasan," jelasnya.

Namun untuk yang sudah merger, tambah Soeprapto, adalah PTS di Kabupaten Situbondo. Dari empat PTS jadi satu PTS. Kemudian di Probolinggo juga ada empat PTS jadi satu PTS. Begitu juga di Surabaya ada dua PTS jadi satu PTS. Di Madiun juga ada dua PTS jadi satu PTS.

Merger itu antara lain dilakukan oleh sejumlah sekolah tinggi yang merger kemudian menjadi universitas. Prodi-prodinya bisa tetap.

Sementara Ketua Aptisi (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Jawa Timur, Prof Dr Sukowiyono mengatakan, pihaknya belum tahu mengenai PTS di Malang yang akan merger.

"Saya belum tahu. Saya masih di Gorontalo," jelasnya lewat pesan WA pada suryamalang.com.

Di Kota Malang sendiri saat ini memiliki banyak PTS dengan berbagai skala. 

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved