Kota Batu

Usulan Membangun dan Membuka SMP Negeri Baru di Kota Batu Ditolak Guru Sekolah Swasta

Usulan untuk membangun sekolah SMP Negeri di Kota Batu mendapat penolakan dari guru-guru SMP swasta di Kota Batu

Usulan Membangun dan Membuka SMP Negeri Baru di Kota Batu Ditolak Guru Sekolah Swasta
suryamalang.com/Sany Eka Putri
SMP Ahmad Yani yang ada di Jalan Wukir Kelurahan Temas salah satu Sekolah Swasta di Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU -  Usulan untuk membangun sekolah SMP Negeri di Kota Batu mendapat penolakan dari guru-guru SMP swasta di Kota Batu. Hal ini setelah beberapa waktu lalu Pemkot Batu pernah mengusulkan akan membangun SMP Negeri di Kecamatan Junrejo. Usulan ini untuk mengantisipasi siswa yang tidak kedapatan sekolah negeri karena sistem zonasi.

Namun, pembangunan sekolah negeri yang nantinya akan jadi SMPN 7 Batu ini banyak dikritisi oleh pihak sekolah swasta. Apalagi tahun ajaran 2019 ini hampir semua sekolah swasta tidak bisa memenuhi pagu. Oleh karena itu, pihak sekolah swasta minta dikaji ulang terkait pembangunan sekolah baru tersebut.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP swasta, Takim mengatakan, sesuai usulan pihak sekolah swasta, agar menunda pembangunan sekolah baru itu. "Kalau menolak ya bisa dikatakan iya, tetapi kami intinya lebih menekankan agar bisa mengevaluasi dulu sebelum dibangun," ungkap Takim saat menyampaikan usulan ini ke DPRD Kota Batu, Selasa (9/7).

Jumlah SMP Swasta di Kota Batu ada 22 sekolah. Dari 22 SMP swasta itu hanya dua sekolah saja yang pagunya terpenuhi, sisanya pagu masih belum tercukupi. Seperti MTS Hasyim Asy'ari dari pagu 288, siswa yang mendaftar hanya 188 saja, dan masih kekurangan 100 siswa. Lalu ada SMP PGRI 1 masih 46 siswa yang mendaftar dari jumlah pagu 128 siswa.

"Ya bisa juga ini karena dampak adanya sistem zonasi. Padahal harapan kami siswa yang tidak diterima di sekolah negeri bisa sekolah di swasta. Ternyata tidak, harapan jauh dari kenyataan," tutur dia yang juga Kepala SMP Ahmad Yani. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved