Kabar Jakarta

Promo Jadi Pertimbangan Millenial Pilih E-Commmerce, Go-Jek dan Grab Jadi Pilihan Utama Transportasi

Survei Alvara yang dilakukan pada April hingga Juni 2019 mengungkap perilaku konsumen millenial dalam menggunakan aplikasi jasa maupun e-commerce.

Promo Jadi Pertimbangan Millenial Pilih E-Commmerce, Go-Jek dan Grab Jadi Pilihan Utama Transportasi
Tabloid Nova
Ilustrasi e-commerce 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Generasi millenial dianggap sebagai salah satu penggerak ekonomi digital terbesar di Indonesia. Survei Alvara yang dilakukan pada April hingga Juni 2019 mengungkap perilaku konsumen millenial dalam menggunakan aplikasi jasa maupun e-commerce.

CEO dan Founder Alvara Research, Hasanuddin Ali mengatakan, dari penelitian mereka terlihat preferensi milenial dalam memilih aplikasi favorit mereka adalah manfaat yang didapatkan. Misalnya dari segi promo, aplikasi mana yang memberikan potongan harga paling tinggi.

"Mayoritas e-commerce menawarkan promo diskon, baik shopping, transportasi online, digital payment, semua menggunakan promo sebagai senjata utama menarik konsumen," ujar Hasanuddin di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Selain faktor promo, millenial juga mengedepankan layanan yang diberikan aplikasi tersebut. Hasanuddin mengatakan, siapapun tentu ingin mendapat pelayanan terbaik. Menurut dia, masyarakat tak akan keberatan keluar uang lebih banyak asalkan dapat pelayanan lebih baik.

Misalnya, untuk antar pesan makanan, pelanggan ingin makanan tersebut masih dalam kondisi segar saat tiba di tujuan. Contoh lainnya adalah kurir barang yang dituntut menjaga barang tidak rusak atau hilang di jalan serta tepat waktu.

Menurut Hasanuddin, hal tersebut merupakan layanan dasar yang harus dipenuhi semua pemain digital. "Semua pemain provider digital harus memberi layanan secara cepat karena nature-nya digital harus cepat," kata Hasanuddin.

Untuk kategori transportasi online, persepsi utama konsumen terhadap dua aplikator di Indonesia, Go-Jek dan Grab, berkaitan dengan tarif dan promo. Sebanyak 8,8 persen pengguna menganggap Go-Jek sebagai aplikasi transportasi termurah.

Sementara Grab lebih banyak diasosiasikan dengan promosi yang banyak. Untuk kategori aplikasi pesan antar, Grab dan Go-Jek kembali bersaing.

Mayoritas millenial memilih Go-Food karena aspek kualitas layanan. Sementara Grab Food, sama dengan layanan transportasi online, lebih diasosiasikan dengan promo dan harga murah. Untuk aplikasi belanja, sebagian besar responden memilih Lazada sebagai aplikasi belanja favorit.

Namun, Shopee lebih banyak dikenal dengan e-commerce dengan harga barang yang murah, banyak promo, dan gratis ongkos kirim.

Minat millenial terhadap promo juga terlihat dalam memilih aplikasi pemesanan hotel dan tiket. Dari empat aplikasi yang dibandingkan, Traveloka menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan, disusul Tiket.com, Blibli.com, dan KAI Access.

Traveloka dipersepsikan sebagai aplikasi ticketing yang banyak promo. Sedangkan Tiket.com dan KAI Access dipersepsikan sebagai aplikasi yang mudah digunakan.

Melihat hasil penelitian tersebut, Hasanuddin menyimpulkan, promo dan harga murah menjadi salah satu cara aplikator menggaet pelanggan. Namun, jika perusahaan terus menerus bakar duit, maka akan berakibat buruk bagi kinerja perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, promo juga harus diimbangi dengan layanan yang prima untuk pelanggan. "Itu bisa buat akuisisi pelanggan baru. Tapi buat maintain, layanan itu penting supaya pelanggan tidak pindah-pindah," sebut Hasanuddin.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved