Kabar Banyuwangi

Khofifah Memuji Aktivitas Tambang Emas di Banyuwangi, Katanya Ketakutan Warga Tak Terbukti

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meneguhkan keberpihakannya pada aktivitas tambang emas di Banyuwangi

Khofifah Memuji Aktivitas Tambang Emas di Banyuwangi, Katanya Ketakutan Warga Tak Terbukti
ist
Areal tambang emas dan tembaga oleh PT Bumi Suksesindo (PT BSI) yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Kamis (11/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meneguhkan keberpihakannya pada aktivitas tambang emas di Banyuwangi.

Dua bulan lalu, para aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jember sudah mencium gelagat bahwa Khofifah bersama wakilnya, Emil Dardak, tidak menunjukkan sikap yang jelas terhadap industri-industri ekstraktif yang memiliki dampak ekologis pada masyarakat.

Aktivis PMII Jember Demo, Tuding Khofifah - Emil Terindikasi Pro Tambang

Kini, Khofifah sudah bersikap jelas: pro tambang emas.

Khofifah pun naik helikopter untuk melihat jalannya kegiatan perusahaan tambang emas dan tembaga PT Bumi Suksesindo (PT BSI) bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (11/7/2019) siang.

Peninjauan itu dilakukan seiring juga undangan menghadiri HUT PT BSI yang ke 7 yang ditujukan pada Gubernur Khofifah dan Bupati Anas.

Khofifah diajak Bupati Anas untuk melihat bagaimana sektor pertambangan, pertanian dan pariwisata berjalan berseiring dan saling mendukung di Kabupaten Banyuwangi.

Khofifah diyakinkan bahwa nyatanya sektor pertambangan yang lebih sering mendapatkan kontra masyarakat, nyatanya bisa berseiring dengan daya dukung lingkungan baik untuk pariwisata maupun pertanian.

"Saya berterima kasih Bupati Banyuwangi sudah menjadi speaker yang sangat baik. Tapi bagi saya seeing is believing. Maka tadi lewat atas saya melihat bagaimana pertambangan tembaga dan emas bisa berjalan selaras dengan kawasan pertanian dan juga pariwisata dimana dekat industri ini ada tepatnya Pulau Merah yang tak terganggu dengan jalannya pertambangan," urai Khofifah.

Padahal, katanya, saat awal mulai berdiri, pertambahan emas di Banyuwangi ini sempat mendapat penolakan masyarakat. Banyak juga yang khawatir bahwa adanya tambang emas akan mengganggu daya dukung lingkungan.

Namun ditekankan Khofifah, hari ini ketakutan warga tidak terbukti. Jalannya pertambangan yang sudah menggunakan teknogi canggih mampu membuat industri pertambangan menjadi minim dampak lingkungan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved