Malang Raya

Wali Kota Sutiaiji Titip Doa kepada CJH agar Kota Malang tetap Kondusif dan Pemimpinnya Amanah

Sutiaji titip doa kepada para calon jamaah haji agar Kota Malang tetap kondusif dan para pemimpinnya amanah menjalankan tugas.

Wali Kota Sutiaiji Titip Doa kepada CJH agar Kota Malang tetap Kondusif dan Pemimpinnya Amanah
suryamalang.com/Mohammad Erwin
Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang memberangkatkan kloter pertama Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Malang yang bergabung dengan Kloter dari Kota Malang, Kamis, (11/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Wali Kota Malang, Sutiaji turut melepas keberangaktan calon jamaah haji (CJH) asal Kota Malang. Ada 1243 calon jamaah haji asal Kota Malang

Namun ada 11 calon jamaah haji yang sedang dalam proses penyelesaian visa, sehingga yang berangkat sebanyak 1.232 jamaah. Pemberangkatan dilakukan di Rampal, Kamis (11/7/2019).

Sutiaji titip doa kepada para calon jamaah haji agar Kota Malang tetap kondusif dan para pemimpinnya amanah menjalankan tugas. Sutiaji juga berpesan agar para calon jamaah bisa menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di Arab Saudi.

“Jaga kesehatan, nanti di sana karena banyak kegiatan sehingga tenaga terkuras. Harus ada manajemen waktu dan menata hati,” kata Sutiaji.

Pemkot Malang juga terus memantau kondisi kesehatan para jamaah haji asal Kota Malang. Kesehatan menjadi perhatian serius Sutiaji kepada para calon jamaah haji yang berangkat.

“Tolong terus dipantau kesehatan, ada pelayanan yang diberikan Kemenag dan kami diberikan updating. Banyak petugas kesehatan untuk memperlancar saudara kita yang ibadah,” ujarnya.

Sutiaji megatakan, dari ribuan jamaah haji yang berangkat asal Kota Malang, 20 persennya adalah jamaah haji plus. Sutiaji juga menekankan agar ibadah haji dijalankan dengan penuh ketulusan sehingga bisa menjadi haji yang mabrur.

“Orang haji akan bawa virus kebaikan. Insya Allah tanda haji mabrur berubahan sikap. Awalnya pemarah menjadi penyabar,” ungkapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Muhtar Hazawawi mengatakan, dari total 1.243 jamaah calon haji yang diberangkatkan, terbagi dari tiga kloter. Yakni kloter 15, 16, dan 17. Pada kloter 17, jamaah asal Kabupaten Malang akan berangkat bersama dengan rombongan dari Kota Malang.

"Sebanyak 1.232 jamaah calon haji diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya hari ini. 11 orang lainnya akan menyusul," kata Muhtar.

Dari total jamaah tersebut, sebanyak 547 orang merupakan jamaah laki-laki, dan 696 orang merupakan jamaah perempuan. Jumlah jamaah yang tergabung pada kloter 15, dan 16, masing-masing 444 jamaah. Pada kloter 17 sebanyak 344 orang, dan 101 diantaranya berasal dari Kabupaten Malang.

"Untuk seluruh kondisi jamaah, dilaporkan sehat, tidak ada yang sakit. Semoga tetap bisa menjaga kesehatan di tanah suci," kata Muhtar.

Kloter 15 dan 16, yang diberangkatkan sekitar pukul 07.30 WIB, dan dijadwalkan tiba di Asrama Haji Embarkasi Sukolillo Surabaya kurang lebih pada pukul 09.00 WIB. Sementara kloter 17, akan diberangkatkan pada pukul 10.00 WIB, dan sampai pada pukul 12.00 WIB.

Pada 12 Juli 2019, para jamaah akan langsung diberangkatkan menuju Arab Saudi dari Bandar Udara Internasional Juanda. Para jamaah haji Kota Malang dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 22 Agustus 2019. Provinsi Jawa Timur mendapatkan kuota haji sebanyak 35.270. 
 

Penulis: Benni Indo
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved