Kabar Sidoarjo

AKBP Syuhaimi dari Mabes Polri ke Masjid di Sidoarjo, Pesan Kuatkan Silaturahmi Tangkal Radikalisme

Demikian kata AKBP Syuhaimi dari Baintelkam Mabes Polri saat sosialisasi Kamtibmas di Masjid Asy-Syuhada Desa Kwangsan, Sedati, Sidoarjo.

AKBP Syuhaimi dari Mabes Polri ke Masjid di Sidoarjo, Pesan Kuatkan Silaturahmi Tangkal Radikalisme
m taufik
Suasana silaturahmi dan sosialisasi Kamtibmas di Masjid Asy-Syuhada Desa Kwangsan, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Jumat (12/7/2019) malam 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Silaturahmi merupakan salah satu cara untuk menangkal paham radikalisme. Selain itu, silaturahmi yang baik juga bermanfaat untuk menangkal penyebaran berita hoaks.

Demikian kata AKBP Syuhaimi dari Baintelkam Mabes Polri saat menggelar sosialisasi Kamtibmas di Masjid Asy-Syuhada Desa Kwangsan Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Jumat (12/7/2019) malam.

"Melalui silaturahmi, mari kita tingkatkan ukhuwah islamiyah guna mereduksi penyebaran berita hoaks, intoleransi dan ekstremisme. Agar negara kita tetap aman, damai, dan selalu kondusif," kata dia.

Menurutnya, semakin kuat silaturahmi dijaga, semakin bagus pula efeknya. Termasuk silaturahmi antar umat beragama, silaturahmi ulama dan umaro, bertetangga, dan sebagainya.

Karenanya, kegiatan-kegiatan silaturahmi seperti ini terus digalakkan. Sebelumnya, di sejumlah masjid lain juga digelar acara serupa.

"Kami ingin bersinergi dengan ulama, tokoh masyarakat, dan semua lapisan masyarakat. Jangan sampai anak-cucu, keluarga, atau orang sekitar kita terpengaruh paham-paham radikalisme," lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Ustad Subkan selaku tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat menyebut bahwa kegiatan silaturahmi atau sosialisasi Kamtibmas yang dilakukan Mabes Polri ini merupakan bentuk amar ma’ruf nahi munkar.

"Melalui silaturahmi ini kita tingkatkan ukhuwah islamiyah guna mereduksi penyebaran berita hoaks, intoleransi, dan ekstrimisme” tandasnya.

Disebut dia,  sejatinya menjaga keamanan dan ketertiban itu bukan semata-mata tugas polisi saja. "Ini tanggung jawab kita bersama. Makanya sesama saudara sebangsa dan setanah air harus selalu menjaga persaudaraan," ajaknya.

Sesama Muslim harus menjaga tali persaudaraan seiman yang disebut ukhuwah islamiyah, menjaga persaudaraan sebangsa atau ukhuwah wataniah, dan saudara sesama manusia atau ukhuwah basariah.

Penulis: M Taufik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved