Kabar Kediri

Prof Wardiman Djojonegoro ke Kediri, Sebut Budaya Panji Menjadi Spirit Pemersatu Bangsa

Prof Dr Wardiman Djojonegoro, mantan Mendikbud dan Pemerhati Budaya Panji usai seminar Budaya Panji Nusantara di Ruang Sekartaji Pemkab Kediri.

Prof Wardiman Djojonegoro ke Kediri, Sebut Budaya Panji Menjadi Spirit Pemersatu Bangsa
Benni Indo
Mendikbud era 1993-1998, Profesor Wardiman Djojonegoro, kelahiran Pamekasan, 85 tahun silam. 

Mendikbud era 1993-1998, Profesor Wardiman Djojonegoro, kelahiran Pamekasan, 85 tahun silam.

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Budaya Panji telah memberikan spirit menjadi budaya pemersatu bangsa Indonesia. Upaya ini harus terus diwujudkan dengan memberikan porsi kegiatan budaya Panji dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kami sangat tertarik dan menyambut baik tema kegiatan tahun depan yang mengusung Budaya Panji sebagai pemersatu," ungkap Prof Dr Wardiman Djojonegoro, mantan Mendikbud dan Pemerhati Budaya Panji usai seminar Budaya Panji Nusantara di Ruang Sekartaji Pemkab Kediri, Kamis (11/7/2019).

Diakui Prof Dr Wardiman Djojonegoro, saat ini apresiasi masyarakat terhadap budaya Panji masih rendah, sehingga harus ditambah dengan berbagai publikasi, industri budaya dan mendapatkan relevansi sebagai pemersatu.

Apalagi pendidikan di daerah saat ini telah menjadi kewenangan dari pemerintah daerah. Sehingga kepala daerah harus mendorong dengan memasukkan budaya Panji menjadi muatan lokal (mulok) pendidikan di sekolah.

Hanya saja di Kediri yang sekitarnya yang menjadi tempat lahirnya budaya Panji masih sangat kurang. Terbukti setiap kegiatan perlombaan dengan tema mengangkat budaya Panji pesertanya masih tidak terlalu banyak.

Malahan dibanding dengan Malang sangat jauh antusiasnya. "Meski kegiatannya ada, tapi masih belum seperti daerah lain sehingga perlu terus didorong lagi," ungkapnya.

Namun Prof Wardiman mengaku optimistis dengan harapan dan keinginan dari Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kedirk yang mulai tahun depan bakal semakin mendorong budaya Panji.

"Panji itu besar dan sangat mempunyai sejarah yang besar. Ini karya besar nenek moyang kita," ungkapnya.

Sehingga sudah saatnya budaya Panji semakin didorong lagi yang lebih luas dan relevan.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved