Porprov Jatim 2019

Kota Surabaya Juara Umum Porprov Jatim 2019, Disusul Kota Kediri dan Sidoarjo

Para atlet Kota Surabaya kembali mencetak prestasi membanggakan. Dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VI Tahun 2019, para atlet

Kota Surabaya Juara Umum Porprov Jatim 2019, Disusul Kota Kediri dan Sidoarjo
Fatimatuz Zahro
Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung, didampingi oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Menpora Imam Nahrawi menyerahkan piala bergilir bagi Juara Umum Porprov Jatim VI Tahun 2019 pada Kota Surabaya, Sabtu (13/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, TUBAN - Para atlet Kota Surabaya kembali mencetak prestasi membanggakan. Dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VI Tahun 2019, para atlet Kota Surabaya mengantarkan Kota Pahlawan menjadi Juara Umum.

Dalam penutupan Porprov Jatim 2019 yang diselenggarakan di Stadion Bumi Wali Kabupaten Tuban, Sabtu (13/4/2019), Kota Surabaya ditetapkan sebagai Juara Umum berdasarkan perolehan medali para atletnya.

Dari 525 nomor pertandingan di 42 cabang olahraga, kontingen Kota Surabaya sebanyak 801 atlet berhasil meraih sebanyak 113 medali emas, 89 medali perak, dan 78 medali perunggu. Jika dijumlah Kota Surabaya meraih sebanyak 280 medali.

Piala bergilir Porprov Jatim pun diserahkan langsung pada kontingen Kota Surabaya oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum KONI Jawa Timur dan didampingi Menpora Imam Nahrawi.

Di posisi kedua, daerah yang memperoleh medali terbanyak adalah Kota Kediri. Para atlet Kota Kediri menghasilkan perolehan sebanyak 153 medali. Yang terdiri dari 60 medali emas, 44 medali perak, dan 49 medali perunggu.

Di posisi ketiga, ditempati oleh Kabupaten Sidoarjo dengan perolehan sebanyak 139 medali. Yang terdiri dari 46 medali emas, 36 medali perak dan juga 57 medali perunggu.

Menyusul kemudian di posisi ke empat diisi oleh Kota Malang dengan total perolehan sebanyak 138 medali. Yang terdiri dari 40 medali emas, 49 medali perak, dan 49 medali perunggu.

Sedangkan di posisi kelima, diraih oleh Kabupaten Malang dengan perolehan total medali sebanyak 98 medali. Yang terdiri dari 34 medali emas, 31 medali perak, dan 33 perunggu.

Perolehan tersebut di atas menjadi perolehan lima besar Porprov Jatim ke VI Tahun 2019. Untuk mendapatkan data perolehan masing-masing kabupaten kota dalam Porprov Jatim ke VI tahun 2019 dapat dilihat melalui situs resmi http://www.porprovjatim.com.

Ketua Umum KONI Jawa Timur Erlangga Satriagung mengatakan Proprov Jawa Timur merupakan pekan olahraga dengan peserta terbanyak di Indonesia. Peserta Porprov Jatim VI Tahun 2019 ini diikuti 7.818 atlet dan sebanyak 2.848 official dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur.

Mereka bertanding di 525 nomor pertandingan di 42 cabang olahraga.Yang bahkan untuk peserta PON tahun 2020 yang saat ini mendaftar dikatakan Erlangga baru 7.400 atlet.

"Porprov Jatim ini satu-satunya pekan olah raga yang boleh diikuti kalangan millenial karena usia pesertanya usia 16 hingga 20 tahun. Sehingga Porprov ini adalah kebangkitan millenial di sektor olahraga," kata Erlangga.

Kebangkitan millenial yang dikatakan Erlangga itu dibuktikan dengam caoaian prestasi para atlet Porprov Jatim VI Tahun 2019. Setidaknya 16  nomor pertandingan yang rekornya dipecahkan. Ada cabang panahan dan juga renang, dan beberapa cabor lain.

"Gubernur kita luar biasa perhatiannya pada olahraga. Sehingga bisa menjadikan Porprov namun suasanya seperti PON. Insyaallah Porprov ini dampak positifnya besar. Multi player effectnya banyak sekali," ucap Erlangga.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved