Kabar Blitar

Agar Mampu Bersaing dengan Toko Modern, Pelaku UMKM di Kota Blitar Dilatih Manajemen Ritel

Sekitar 100 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Blitar mendapat pembinaan dan pelatihan soal menajemen toko modern.

Agar Mampu Bersaing dengan Toko Modern, Pelaku UMKM di Kota Blitar Dilatih Manajemen Ritel
suryamalang.com/Samsul Hadi
Pelaku UMKM memamerkan produknya di acara pelatihan manajemen ritel di Kota Blitar, Selasa (16/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Sekitar 100 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Blitar mendapat pembinaan dan pelatihan soal menajemen toko modern, Selasa (16/7/2019).

Dengan pelatihan itu, harapannya para pelaku UMKM dapat bersaing dengan produk-produk di toko modern. Pelatihan itu menghadirkan pemateri dari pengelola toko modern, yakni Alfamart dan mentor. Para peserta diberi pengetahuan soal mengembangkan produk agar bisa dijual di swalayan maupun minimarket berjejaring.

Wakil Kepala Cabang Alfmart Malang, Prima Widyasmara mengatakan, pelatihan ini bagian upaya untuk pemberdayaan pelaku UMKM. Para pelaku UMKM dilatih untuk bersaing dengan produk-produk yang dijual di toko modern.

Untuk menembus itu, para pelaku UMKM harus paham dengan manajemen di toko modern. Terutama soal produk yang dijual di toko modern. "Sebagian peserta ada yang membawa contoh produknya. Nanti akan ada pembinaan dan pelatihan soal cara pengemasan produk agar layak dijual di toko modern," katanya.

Dikatakannya, Alfamart juga membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya di gerai Alfamart. Sejauh ini, sudah ada beberapa pelaku UMKM yang ikut memasarkan produknya di Alfamart.

Misalnya, di Kabupaten Blitar, Kediri, Batu, dan Trenggalek. Beberapa kota/kabupaten itu yang masuk wilayah Alfamart Cabang Malang. "Kota Blitar memang belum. Mungkin habis pelatihan ini ada produk UMKM yang dipasarkan di Alfamart," ujarnya.

Asisten Umum dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Blitar, Wikandrio mengatakan, pelatihan ini bagus untuk para pelaku UMKM. Apalagi saat ini, keberadaan toko modern di Kota Blitar semakin menjamur.

Pengelola toko modern harus berkontribusi terhadap keberlangsungan UMKM. Jangan sampai keberadaan toko modern malah mematikan para pelaku UMKM di Kota Blitar. Salah satunya dengan cara berkolaborasi antara pelaku UMKM dan toko modern.

"Keberadaan toko modern harus bisa mengembangkan UMKM di Kota Blitar. Toko modern bisa menjadi tempat untuk memasarkan produk unggulan UMKM di Kota Blitar. Maka itu perlu ada pelatihan dan pendampingan untuk para pelaku UMKM," katanya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved