Malang Raya

Camat Sukun akan Kumpulkan Seluruh Ketua RT dan RW Usai Viral Tata Tertib Penuh Tarif

Camat Sukun, I Ketut Widi E Wirawan berencana mengumpulkan semua ketua RT dan RW di wilayah Kecamatan Sukun

Camat Sukun akan Kumpulkan Seluruh Ketua RT dan RW Usai Viral Tata Tertib Penuh Tarif
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Ketua RW 2 Muyorejo Sukun Kota Malang, Ashari saat memperlihatkan lembaran Tatib yang jadi viral karena banyak penetapan tarif di dalamnya. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Camat Sukun, I Ketut Widi E Wirawan berencana mengumpulkan semua ketua RT dan RW di wilayah Kecamatan Sukun.

Pertemuan itu dimanfaatkan untuk monitoring sekaligus evaluasi. Apalagi pasca viral tatib di RW 2, Kelurahan Mulyorejo.

“Intinya kegiatan kemasyarakat yang sifatnya menyangkut Perda kami arahkan agar mereka mengarah ke Perda. Terutama sifatnya mengerahkan masyarakat. Nah, masalah ini internal Lurah dan RW. Kalau pun mengenakan aturan mengacu pada Perda,” ujar Widi.

Menanggapi adanya tatib di RW 2, Kelurahan Mulyorejo, Widi menjelaskan bahwa peraturan yang sifatnya umum dibuat untuk ketertiban lingkungan dan masyarakat.

“Perda lingkungan kita punya dan diatur pidana, yang itu ada aparat dan Satpol PP dalam penerapan perda. Sedangkan dari Lurah tentunya koordinasi dan monitoring dengan harapan smeua RT dan RW tertib lingkungan,” ujar Widi.

Disahkannya tatib yang telah beredar di RW 2 disebut Widi sebuah kecolongan. Pasalnya, pihak RW membuat peraturan sendiri tanpa melibatkan pandangan dari pejabat di atasnua.

“Tapi namanya rapat pasti ada usulan. Mungkin dalam usulan tidak melihat Perda dan kemudian dibuatkan berita acara hasil rapat. Namanya musyawarah mufakat pasti ada poin yang intinya untuk mengatur masyarakat,” ujarnya.

Widi berkomitmen untuk menjalin koordinasi dengan para Lurah agar peristiwa serupa tidak terulang kembali. Berdasarkan informasi di lapangan, kabarnya tatib yang sempat viral tersebut telah ditarik kembali.

“Musyawarah biasanya pak RW dengan pak RT sebagai wakil dari warga. Kami akan menekankan lagi dan koordinasikan dengan pak lurah agar terus koordinasi dengan RT dan RW agar tak terjadi seperti ini,” terang Widi. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved