Kabar Surabaya

Wakil Ketua DPRD Jatim Tjujuk Sunario Didorong Maju Pilkada di Tiga Daerah, Setelah Gagal Pileg 2019

Tjujuk dinilai berpotensi menjadi kepala daerah di tiga kabupaten/kota, yakni Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kota Blitar.

Wakil Ketua DPRD Jatim Tjujuk Sunario Didorong Maju Pilkada di Tiga Daerah, Setelah Gagal Pileg 2019
suryamalang.com/Bobby Constantine Koloway
Wakil Ketua DPRD Jatim, Tjujuk Sunario. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sejumlah elemen masyarakat mendorong Wakil Ketua DPRD Jatim, Tjujuk Sunario, untuk mencalonkan diri pada pilkada 2020 mendatang. Tjujuk dinilai berpotensi menjadi kepala daerah di tiga kabupaten/kota, yakni Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kota Blitar.

Dukungan ini di antaranya datang dari tokoh muda asal Kediri, Muhammad Sani. Sani mengatakan bahwa Tjutjuk Sunario merupakan salah satu tokoh merakyat dan memiliki kapabilitas di bidang eksekutif.

”Tingkat keterpilihan beliau tinggi. Hal ini terbukti dari pengalaman beliau yang sudah dua kali menjadi Anggota DPRD Jatim,” kata Sani saat dikonfirmasi dari Surabaya, Senin (15/7/2019).

Sani menambahkan, kedepan pihaknya akan menggalang dukungan ke beberapa jaringan masyarakat. Hal ini untuk memperkuat dukungan terhadap Tjujuk Sunario.

”Kami akan bergerak ke beberapa kecamatan di Kediri untuk koordinasi. Sekaligus, memperbanyak basis massa jelang pencalonan di pilkada mendatang," jelasnya.

Selain dari Kediri, dukungan juga datang dari warga Kabupaten Blitar. Dwi Puji Lestari, seorang warga Blitar bahkan menyebutkan dukungan juga datang dari warga di beberapa pelosok kecamatan.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong beberapa partai politik untuk ikut mendukung pencalonan Tjujuk nantinya. "Prinsipnya, kami akan all out jika Pak Tjutjuk mendengar aspirasi kami di Blitar. Kami berharap partai-partai juga mau mendukung dan mengusung Pak Tjutjuk," kata Dwi Puji Lestari dikonfirmasi terpisah.

Di sisi lain, Tjutjuk Sunario pun mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Kediri hingga Blitar tersebut. "Kami memberikan apresiasi tinggi atas dukungan masyarakat tersebut,” kata Tjujuk dikonfirmasi di Surabaya, Senin (15/7/2019).

Politisi partai Gerindra ini pun menyatakan kesiapannya apabila memang dipercaya untuk maju di ketiga daerah tersebut. Bahkan, ia menyiapkan salah satu prioritas program yang akan menjadi fokus pihaknya apabila dipercaya sebagai kepala daerah.

Di antaranya, penggunaan APBD untuk rakyat dan bebas dari intervensi pihak manapun. "Pengelolaan APBD merupakan tanggungjawab penuh kepala daerah. Kalau ada intervensi, kami khawatir akan menjurus ke tindakan korupsi dan berujung dengan hukum,” kata Tjujuk.

Untuk diketahui, Tjujuk adalah politisi Partai Gerindra yang terpilih sebagai Anggota DPRD Jatim periode 2009-2014 dan 2014-2019 dari dapil Jatim 6. Dapil ini membawahi Kediri (Kab/Kota), Blitar (Kab/kota), hingga Tulungagung.

Sayangnya, pada pemilu 2019, Tjujuk gagal mempertahankan kursinya usai dapilnya pecah menjadi dua daerah. Berada di dapil Jatim VIII yang meliputi Kabupaten Kediri dan Kota Kediri, Gerindra tak mendapat satu pun kursi DPRD Jatim

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved