Kabar Banyuwangi

EXpress Air Siap Buka Penerbangan Rute Banjarmasin - Banyuwangi, Rencana Realisasi Akhir Juli

Grup Xpress Air akan segera merealisasikan penerbangan langsung rute Banjarmasin-Banyuwangi pada akhir Juli mendatang.

EXpress Air Siap Buka Penerbangan Rute Banjarmasin - Banyuwangi, Rencana Realisasi Akhir Juli
suryamalang.com/Haorrahman
Penumpang pesawat di Bandara Banyuwangi dengan pesawat Citilink. 

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI - Banyuwangi akan semakin mudah diakses. Grup Xpress Air akan segera merealisasikan penerbangan langsung rute Banjarmasin-Banyuwangi pada akhir Juli mendatang.

”Kedatangan kami ke Banyuwangi dalam rangka mematangkan direct flight Banjarmasin -Banyuwangi dan sebaliknya. Kami tertarik ingin meramaikan Banyuwangi dan mencoba menggali potensi daerah ini,” kata Fanny Andri, Direktur Komersial Express Air, Rabu (17/7/2019).

Untuk mematangkan rencana tersebut tim dari Xpress Air pun telah datang ke Banyuwangi, membahas bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (16/7/2019).  Fanny menjelaskan, rencana penerbangan perdana akan dilakukan pada akhir Juli 2019 mendatang.

"Sampai saat ini direncanakan tiga kali jadwal penerbangan dalam seminggu. Jadwalnya, pada siang hari yakni sekitar pukul 12.40 WITA dari Banjarmasin dan pukul 13.25 WIB dari Banyuwangi menuju Banjarmasin," jelas Fanny.

Pada penerbangan ini, kata Fanny, pesawat yang digunakan adalah pesawat Boeing 737 seri 500/300 dengan kapasitas 120 – 140 penumpang. Pesawat ini akan melayani kelas economy priority sebanyak 4 seat, sisanya merupakan kelas ekonomi.

“Perijinan dan prosesnya sudah mencapai 80 persen. Bersamaan kami sedang mempersiapkan tim advance untuk mengurus persiapan teknis, safety sampai marketnya. Agar target akhir Juli bisa terealisasi,” cetus Fanny.

Lebih lanjut Fanny mengatakan, pihaknya tertarik membuka rute baru ini karena potensi market yang sangat menjanjikan. Selain Banyuwangi telah menjadi tujuan wisatawan, pasar Banyuwangi sebagai lokasi studi banding instansi dari daerah lain di Indonesia adalah pasar yang menjanjikan.

Tercatat cukup banyak pemerintah kabupaten/kota dari Pulau Kalimantan yang berkunjung ke Banyuwangi untuk melakukan kolaborasi program inovasi.

Tak hanya rute Banjarmasin, Fany mengaku, pihaknya tengah menyiapkan rute Yogyakarta – Banyuwangi. “Kalau untuk Yogya pasarnya memang untuk wisatawan, jadi kami langsung menghubungkan wisatawan point to point,” ujarnya.

Fanny juga menjelaskan, mengapa Xpress Air mengambil titik rute dari Banyuwangi. Xpress Air mencoba mengakomodir mobilisasi masyarakat di remote area, yakni pasar yang jauh dari hub besar. Banyuwangi salah satunya.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved