Kabar Blitar

Keluar Penjara Kasus Pencurian Gabah, Pemuda di Blitar Masuk Bui Lagi Setelah Mencuri Bawang Putih

Pelaku kepergok mencuri tiga karung bawang putih di rumah Irwan Rohadi (39) di Desa Kalipucung, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar.

Keluar Penjara Kasus Pencurian Gabah, Pemuda di Blitar Masuk Bui Lagi Setelah Mencuri Bawang Putih
suryamalang.com/Samsul Hadi
Polisi menunjukkan pelaku pencurian bawang putih dan barang buktinya di Polres Blitar Kota, Rabu (17/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Wawan Yunianto (23) alias Ganden, pemuda asal Kelurahan Nglegok, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, harus kembali mendekam di sel tahanan Polres Blitar Kota. Pasalnya, Ganden kepergok mencuri tiga karung bawang putih di rumah Irwan Rohadi (39) di Desa Kalipucung, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar.

Padahal, Ganden baru saja keluar dari penjara pada pertengahan Ramadan lalu. Dia dipenjara selama lima bulan setelah tertangkap mencuri gabah di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

"Dia (pelaku) baru keluar penjara Mei 2019 lalu. Dia ditangkap karena mencuri gabah. Sekarang dia masuk (penjara) lagi mencuri bawang putih," kata Kasubag Humas Polres Blitar Kota, Ipda Dodit Prasetyo, Rabu (17/7/2019).

Polisi mengungkap kasus pencurian bawang putih itu berdasarkan rekaman kamera CCTV di rumah korban. Aksi Ganden saat mencuri bawang sempat terekam kamera CCTV. Ganden datang ke rumah korban sendirian.

Di rekaman CCTV, Ganden terlihat tengak-tengok melihat situasi di lokasi. Setelah dianggap aman, Ganden langsung membopong karung berisi bawang yang ditumpuk di teras rumah korban. Ganden terlihat tiga kali membopong karung berisi bawang.

Korban mengetahui aksi pencurian itu setelah diberitahu oleh tetangganya. Tetangganya curiga dengan letak kursi yang sebelumnya ditaruh di depan pintu rumah berpindah di dalam pagar. Selanjutnya, korban mengecek tumpukan bawang putih miliknya yang ditaruh di teras rumah ternyata hilang tiga karung.

"Kejadiannya Minggu (14/7/2019) dini hari. Pelaku ditangkap Selasa (16/7/2019) kemarin. Kami mengenali ciri-ciri pelaku dari kamera CCTV," ujar Dodit.

Ganden mengaku mencuri bawang putih sendirian. Dia belum menjual bawang putih hasil curian itu. Dia masih menitipkan bawang putih di rumah temannya di wilayah Kanigoro. Dia masih menawarkan bawang putih itu ke pembeli.

"Sudah saya tawarkan ke orang seharga Rp 1.050.000 untuk tiga karung. Tapi belum dibayar. Rencananya, uangnya buat minum-minum di kafe," kata Ganden yang sehari-hari bekerja jual beli buah tersebut. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved