Kabar Trenggalek

Wawancara Calon Pejabat Pemkab Trenggalek Diunggah ke Youtube, Mas Ipin Ajak Warga Turut Mengawal

Video wawancara yang diunggah Youtube bukan hanya untuk calon pejabat yang akan dipilih tapi juga Video 16 calon pejabat bakal mengisi OPD kosong.

Wawancara Calon Pejabat Pemkab Trenggalek Diunggah ke Youtube, Mas Ipin Ajak Warga Turut Mengawal
suryamalang.com/Aflahul Abidin
Gambar tangkap layar proses wawancara Bupati Trenggalek dengan calon pejabat sekelas kepala dinas. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Bupati Trenggalek, M Nur Arifin telah menyelesaikan proses wawancara dengan calon pengisi jabatan sekelas kepala dinas. Seluruh proses wawancara itu diunggah di akun Youtube milik Bupati: Mochamad Nur Arifin.

Video proses wawancara yang diunggah bukan hanya untuk calon pejabat yang akan dipilih. Video 16 calon pejabat yang diwawancara untuk mengisi tujuh jabatan kosong juga turut diunggah.

Mas Ipin, sapaan akrabnya, mengatakan, diunggahnya video tersebut sebagai kontrak kerja calon pejabat apabila dipilih. "Saya punya hutang kepada rakyat. Jadi, saya merekam semua video ini dan mengunggahnya agar masyarakat turut tahu apa saja komitmen yang disampaikan mereka," katanya, Rabu (17/7/2019).

Proses wawancara calon pejabat itu dilaksanakan Kamis (11/7/2019). Proses wawancara berjalan sekitar delapan jam.

"Siapa pun yang saya pilih, silakan dicek. Apa saja yang mereka sampaikan itu sekaligus menjadi kontrak kerja mereka. Mari kita kawal dan kita dukung," tutur Mas Ipin.

Dalam wawancaranya, Mas Ipin juga menekankan apa yang disampaikan pejabat dalam wawancara itu merupakan bagian yang harus ditepati.

Apabila pejabat bekerja tak sesuai kontrak itu, ia meminta mereka untuk legawa mengundurkan diri tanpa menunggu waktu sesuai aturan.

Dalam aturan yang ada, pejabat yang telah dipilih tak bisa diganti selama dua tahun. Kecuali apabila pejabat itu melanggar aturan.

Proses wawancara terbuka calon pejabat via video di Youtube ini merupakan salah satu inovasi baru Mas Ipin. Hal ini, kata dia, sebagai bentuk keterbukaan proses seleksi pejabat di pemkab.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek, Pariyo mengatakan, proses wawancara itu adalah tahapan terakhir dalam lelang jabatan.

Sebelumnya, para calon pejabat telah dinyatakan lolos dalam tes administrasi dan tes kompetensi.
Setelah ini, Bupati akan memilih nama-nama yang akan menduduki jabatan sekelas kepala dinas.

"Nama-nama yang disampaikan Bupati akan kami bawa ke pemerintah pusat. Target kami akhir bulan ini bisa selesai semua," kata Pariyo.

Ketujuh jabatan kosong di Pemkab Trenggalek, yakni Asisten III, Staf Ahli, Kelala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perikanan, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved