Malang Raya

API SIWA, Alat Pendeteksi dan Pemfilter Polusi Udara

Mahasiswa UB membuat API-SIWA (Air Pollution Information System Integrated with Air Filtering, Internet of Things, and Renewable Energy).

API SIWA, Alat Pendeteksi dan Pemfilter Polusi Udara
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Tim API SIWA mahasiswa UB Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Komunikasi) yaitu I Wayan Angga Jayadiyuda, Muhammad Khuzain, Hafidh Hidayat, Naila El Arisie, dan Allysa Apsarini Shahfah  membuat API-SIWA (Air Pollution Information System Integrated with Air Filtering, Internet of Things, and Renewable Energy).

Mereka dibimbing oleh Ir Nurussa’adah MT dan meraih medali perak di Japan Design, Idea, and Invention Expo 2019 pada Juni 2019 lalu di Tokyo Bay Ariake Hotel, Jepang.

Penyelenggaranya adalah WIIPA/World Invention Intellectual Property Associations dan Chizal Corporation.

Dijelaskan Naila, alatnya memanfaatkan energi surya untuk menggerakkan kipas di alat ini.

“Ini masih protipe untuk mendeteksi polusi udara (C02) sekitarnya dan memfilternya. Sehingga udara kotor bisa keluar lagi menjadi bersih,” jelas dia pada suryamalang.com, Jumat (19/7/2019).

Agar bisa memantau dengan realtime, maka memanfaatkan aplikasi android.

Jika kadar karbon dioksida yang dideteksi melebihi 600 ppm (batas normal kadar CO2 di lingkungan), maka relai akan dihidupkan untuk menghirup udara.

Kemudian, saat itulah terjadi proses filtering dan kipas penghisap akan menangkap gas CO2, sehingga gas yang tersisa untuk dihembuskan hanyalah oksigen saja.

Sedang penyerap CO2 memanfaatkan zeolit yang harganya relatif murah.

Menurut dia, jika sudah diaplikasi kelak, maka alat ini bisa dipasang di kawasan industri atau perumahan yang terpapar polusi.

Dengan begitu, saringan udara bersihnya lebih bagus buat kesehatan masyarakat.

Angga berharap dengan adanya temuan ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah polusi udara, mencegah perubahan iklim global, serta meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved