Kabar Jakarta

Nilai Tukar Mata Uang Rupiah Hari Ini Rp 13.940 Per Dollar AS

Mengutip Bloomberg pukul 8.12 WIB, rupiah pada pasar spot pada level Rp 13.940 per dollar AS atau menguat 0,14 persen dari posisi kemarin.

Nilai Tukar Mata Uang Rupiah Hari Ini Rp 13.940 Per Dollar AS
Tribunnews.com
Nilai Tukar Rupiah menguat 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Nilai tukar mata uang rupiah menguat mengawali perdagangan akhir pekan, Jumat (19/7). Mendapatkan suntikan tenaga setelah Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunganya atau BI 7-DRR sebesar 25 bps.

Mengutip Bloomberg pukul 8.12 WIB, rupiah pada pasar spot pada level Rp 13.940 per dollar AS atau menguat 0,14 persen dari posisi kemarin. Sekaligus melanjutkan penguatan untuk dua hari berturut-turut.

Asal tahu, BI menurunkan suku bunga BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps 5,75 persen. Selain itu, BI juga menahan suku bunga Deposit Facility pada angka 5 persen dan Lending Facility 6,5 persen.

BI melakukan penurunan suku bunga sejalan dengan kondisi perekonomian global yang melambat. Kebijakan ini juga sejalan dengan tetap rendahnya perkiraan inflasi ke depan dan perlunya mendorong momentum pertumbuhan ekonomi di tengah pasar keuangan global yang menurun dan stabilitas ekonomi Indonesia yang terkendali.

Penurunan suku bungan BI diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri yang melambat. Kebijakan BI ini juga sejalan dengan arah kebijakan moneter bank sentral baik di Asia maupun global cenderung dovish dengan pelonggaran moneter.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved