Kabar Blitar

Segera Dibangun, Pedagang Pasar Legi Kota Blitar Diminta Kosongkan Kios Mulai Sabtu Besok

Para pedagang menganggap pemberitahuan soal pengosongan kios dari Disperindag Kota Blitar terlalu mendadak.

Segera Dibangun, Pedagang Pasar Legi Kota Blitar Diminta Kosongkan Kios Mulai Sabtu Besok
suryamalang.com/Samsul Hadi
Sejumlah pedagang Pasar Legi Kota Blitar masih berjualan di depan kiosnya, Jumat (19/7/2019). Mulai Sabtu besok pedagang diminta mengosongkan kiosnya. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Sejumlah pedagang Pasar Legi, Kota Blitar, yang terdampak pembangunan tiba-tiba diminta segera mengosongkan kiosnya mulai Sabtu (20/7/2019) besok. Para pedagang menganggap pemberitahuan soal pengosongan kios dari Disperindag Kota Blitar terlalu mendadak.

"Ini tadi ada pemberitahuan dari pegawai pasar. Mulai besok (Sabtu), pedagang harus pindah ke tempat penampungan sementara. Pemberitahuannya mendadak," kata Marfiah (77), salah satu pedagang Pasar Legi, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya, berdasarkan informasi dari pegawai pasar, proses pembangunan Pasar Legi akan segera dimulai. Pemkot Blitar berencana memagar lokasi dengan seng mulai Senin (22/7/2019).  "Senin sudah harus kosong, katanya sudah dipagar seng," ujarnya.

Marfiah tidak masalah segera pindah ke tempat penampungan sementara. Tapi, dia berharap proses pembangunan pasar benar-benar segera dilaksanakan. "Kami hanya manut saja, intinya kami ingin pasar segera dibangun," katanya.

Pedagang lain, Kholik mengatakan siap disuruh pindah kapan saja ke tempat penampungan sementara. Sebagai pedagang, dia hanya butuh kepastian kapan pembangunan pasar akan dimulai.

"Besok disuruh pindah saya siap. Saya hanya butuh kepastian pembangunannya dimulai kapan. Jangan hanya janji-janji, dulu pernah diminta segera pindah, katanya segera dibangun, tapi kenyataannya sampai sekarang belum," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar, Arianto meminta pedagang mengosongkan kiosnya mulai Sabtu dan Minggu. Rencananya, mulai Senin pekan depan, proses pembangunan pasar segera dimulai.

"Semua pedagang yang terdampak pembangunan kami minta pindah ke tempat penampungan mulai Sabtu dan Minggu ini," kata Kepala Disperindag Kota Blitar, Arianto, saat melihat lokasi.

Para pedagang diminta pindah ke tempat penampungan sementara yang sudah disediakan di sebelah barat pasar. Sesuai rencana, mulai Senin pekan depan, sebagian material pembangunan pasar sudah datang.

"Mulai Senin lusa, kami akan memagar lokasi dengan seng. Makanya, lokasi sudah harus bersih dari aktivitas pedagang," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemkot Blitar berencana membangun Pasar Legi pada 2019 ini. Sejumlah kios di Pasar Legi terbakar pada Juni 2016 lalu. Pemkot Blitar mengalokasikan anggaran Rp 50 miliar dari APBD untuk pembangunan Pasar Legi

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved