Malang Raya

KPU Kota Malang Dorong Pendidikan Demokrasi pada Pemilih Muda agar Hindari Kebencian di Sosmed

Aminah menjelakan hal itu saat ditanya wartawan terkait maraknya ujaran kebencian di sosial media yang menjamur sepanjang Pemilu 2019.

KPU Kota Malang Dorong Pendidikan Demokrasi pada Pemilih Muda agar Hindari Kebencian di Sosmed
.
suryamalang.com | FB: Surya Arema | IG: @suryamalangcom 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Aminah Asminingtyas mengatakan perlu dikuatkannya pendidikan demokrasi kepada pemilih. Aminah menjelakan hal itu saat ditanya wartawan terkait maraknya ujaran kebencian di sosial media yang menjamur sepanjang Pemilu 2019.

KPU Kota Malang, kata Aminah telah menggencarkan sosialisai pendidikan demokrasi, terutama kepada pemilih pemula. Hal itu telah lama dilakukan oleh KPU Kota Malang. Bahkan, KPU Kota Malang juga menyasar ke kalangan komunitas yang ada di Kota Malang.

“Kalau itu kami menyosialisasikannya lewat pendidikan pemilih di komunitas. Kami sasar ke semua komunitas di Kota Malang. Komunitas perempuan, pemuda, hingga agama,” ujar Aminah, Senin (22/7/2019).

Aminah mengatakan, pendidikan demokrasi akan melahirkan literasi politik. Ketika masyarakat telah terbuka akan politik, maka ‘keriuhan’ yang terjadi di sosial media seperti yang terjadi saat Pemilu 2019 bisa ditekan jumlahnya.

Kata Aminah, KPU Kota Malang sendiri terus berupaya melakukan pendidikan kepada pemilih. Meskipun pemilihan tidak berlangsung.

“Meskipun tidak ada pemilu, KPU tetap melaksanakan itu. Kami menggandeng lembaga pendidikan, dan bahkan dengan media,” kata Aminah.

Di Kota Malang, menurut Aminah gejolaknya tidak begitu memprihatinkan. Aminah menyimpulkan kondisi di Kota Malang cukup kondusif.

“Ini memang perlu kedewasaan untuk menyikapi. Memang perlu pengetahun untuk itu agar kita menjadi pemilih yang cerdas,” ungkapnya.

Di KPU Kota Malang juga telah disediakan sarana dan prasarana yang terbuka bagi publik untuk mengakses segala informasi tentang pemilihan umum. Aminah pun mengajak agar masyarakat khususnya Kota Malang semakin terbuka akan pemilu.

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved