Kabar Kediri

PDI Perjuangan Kuasai 15 dari 50 Kursi DPRD Kabupaten Kediri, Posisi Ketua Tunggu Keputusan DPP PDIP

Kader PDIP bakal kembali menjadi ketua DPRD Kabupaten Kediri. Sedangkan posisi tiga wakil ketua bakal diisi kader dari PKB, Partai Golkar dan PAN.

PDI Perjuangan Kuasai 15 dari 50 Kursi DPRD Kabupaten Kediri, Posisi Ketua Tunggu Keputusan DPP PDIP
didik mashudi
PDI PERJUANGAN - Penandatanganan berita acara penetapan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD Kabupaten Kediri di Kantor KPU Kabupaten Kediri, Senin (22/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Pada Pemilu 2019, PDI Perjuangan Kabupaten Kediri mendapatkan suara terbanyak. Total 260.117 suara dan menempatkan 15 kadernya menjadi anggota DPRD Kabupaten Kediri periode 2019 - 2024.

Perolehan suara dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Kediri periode 2019 - 2024 telah ditetapkan komisioner KPU Kabupaten Kediri pada rapat pleno, Senin (22/7/2019).

Dari hasil penetapan suara KPU Kabupaten Kediri, PDIP mendapatkan 15 kursi, disusul PKB 9 kursi, Partai Golkar 6 kursi, PAN 5 kursi, Gerindra 5 kursi, Partai Nasdem 4 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, PPP mendapat 2 kursi dan PKS 1 kursi.

Dengan mendapatkan suara terbanyak, kader PDIP bakal kembali menjadi ketua DPRD Kabupaten Kediri. Sedangkan posisi tiga wakil ketua bakal diisi kader dari PKB, Partai Golkar dan PAN.

Sementara, Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto saat dikonfirmasi menjelaskan, terkait dengan posisi bakal calon ketua DPRD Kabupaten Kediri menjadi kewenangan dari DPP PDIP yang menentukan.

"Kami ikut pada aturan partai dan penugasan dari partai. Yang menentukan siapa ketuanya DPP PDIP, kita tunggu saja," ungkapnya.

Pada kesempatan itu Dodi Purwanto juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah mempercayakan pilihannya kepada PDIP.

"Pada Pemilu 2019 kami mendapatkan 15 kursi. Kami mohon doa restunya semoga apa yang telah diamanatkan kepada kami berguna bagi bangsa dan negara serta masyarakat Kabupaten Kediri," jelasnya.

Perolehan suara PDIP Kabupaten Kediri meningkat dibanding hasil Pemilu 2014 yang menempatkan 12 kadernya sebagai anggota dewan. Sehingga dibanding dengan hasil Pemilu 2019 ada tambahan 3 kursi. "Kenaikan kursi kami peroleh di dapil 2, dapil 3 dan dapil 4," ungkapnya.

Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi menjelaskan, setelah penetapan kursi dan anggota dewan terpilih bakal dilantik pada bulan Agustus mendatang.

"Diharapkan 50 anggota dewan yang akan dilantik bisa membawa Kabupaten Kediri menjadi lebih baik," jelasnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved